Terekam CCTV, Maling Masjid Jami’ Tertangkap

MALANG – Jangan coba-coba mencuri di dalam Masjid Agung Jami’ Kota Malang, jika tidak ingin bernasib sama seperti M Choiron. Pemuda berusia 30 tahun ini, akhir pekan lalu harus berurusan dengan polisi. Ia tertangkap kamera CCTV sedang mencuri HP Nokia milik seorang jamaah.
Meskipun sebelumnya sempat mengelak tuduhan pencurian, namun ketika ditunjukkan rekaman CCTV serta barang bukti HP yang dicuri, Choiron akhirnya tidak berkutik. Ia hanya pasrah ketika diserahkan ke petugas Reskrim Polsekta Klojen yang datang menjemputnya.
“Sebelum kami amankan, tersangka ini terlebih dahulu diamankan oleh petugas security Masjid Jami’. Ia mengakui perbuatan pencurian yang dilakukan. Tersangka sendiri, kami jerat kami jerat dengan pasal 362 KUHP tentang tindak pidana pencurian,” terang Kanitreskrim Polsekta Klojen, AKP Danang Yudanto.
Aksi pencurian yang dilakukan Choiron, warga Dusun Plaosan, Desa Brambang, Gondangwetan – Pasuruan ini, terjadi Minggu lalu sekitar pukul 13.15. Saat itu Choiron datang ke Malang memang berniat mencari sasaran pencurian. Salah satu sasarannya adalah jamaah di Masjid Jami’ Kota Malang.
Dengan berpura-pura sebagai jamaah, Choiron datang ke Masjid Jami’. Ia kemudian duduk di dekat jaket milik M Masyar, 28 tahun, warga Kecamatan Ngajum, yang saat itu sedang melaksanakan salat Dzuhur. Saat korban sedang salat, tersangka Choiron langsung mengambil HP dalam saku jaket. Ia tidak sadar kalau aksinya terekam kamera CCTV.
Setelah berhasil mengambil HP, tersangka langsung buru-buru kabur. Saat di depan pos security aksinya dihentikan oleh petugas. Meski sempat mengelak, namun setelah digeledah dan ditemukan barang bukti Choiron tidak bisa lagi mengelaknya.
“Dari pengakuannya, ia sudah tujuh kali melakukan pencurian. Semuanya dilakukan di tempat ibadah dengan sasaran jamaah yang sedang salat,” tutur Danang Yudanto.(agp/nug)