Buron Jambret Ditangkap Tanpa Perlawanan

Tersangka Fardu Sahrir alias Cecer bersama barang buktinya dikeler ke Mapolsek Sumberpucung kemarin, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

SUMBERPUCUNG – Pelarian  Fardu Sahri, alias Cecer 45 tahun, Warga Jalan Raya Teuku Umar Desa Sambigede, Kecamatan Sumberpucung selama lebih dari tujuh bulan, akhirnya berakhir di balilk terali besi Polsek Sumberpucung. Pria yang menjadi buron karena kasus perampasan itu, ditangkap dirumahnya tanpa perlawanan.
Fardu Sahrir alias Cecer mengaku, selama kabur berpindah-pindah tempat maupun kota di Jawa Timur. Dia juga mengaku saat menjalankan aksinya, selalu seorang diri dan tidak termasuk jaringan manapun “Saya nekat melakukan hal itu, lantaran butuh uang untuk membayar hutang,” kilah Cecer, kenarin.
Menurut Kapolsek Sumberpucung AKP Sri Widyaningsih,  aksi yang dilakukan tersangka terjadi pada Agustus 2014 lalu. Tersangka menjambret kalung milik Sundari, 54 tahun, warga Kalimantan. Saat itu, korban bersama saudaranya berkendara dari Sumberpucung munuju Kepanjen, pada malam hari. Keduanya dibuntuti tersangka dari belakang.
Di Jalan Raya Sumberpucung korban dihentikan oleh pelaku.
“Pelaku mengancam tersangka menggunakan sebilah pisau. Pelaku menyuruh korban untuk menyerahkan barang berharganya termasuk kalung itu,” terang Perwira Pertama (Pama) dengan tiga balok di pundaknya tersebut.
Lantaran korban melakukan perlawanan, pelaku mengambil kalung dari leher Sundari dan langsung kabur. Saat itu, korban sempat mencatat plat nomor sepeda motor milik tersangka. Lalu, korbanpun melaporkan perisitiwa itu ke Polsek Sumberpucung.
“Saat laporan itu, korban juga masih ingat dan mencatat sepeda motor yang dipergunakan tersangka. Sehingga, memudahkan kami untuk melakukan penyelidikan,” terangnya. Melalui plat nomor itu, diketahuilah identitas tersangka. Ketika akan dilakukan penangkapan di rumahnya, tersangka tidak ada di tempat alias kabur.
Barulah pada dini hari kemarin, petugas mendaptkan informasi tersangka pulang ke rumahnya. Petugas tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu dan dilakukan penangkapan. “Tersangka ini, sering melakukan penjambretan sertya perampasan di wilayah Sumberbucung dan sekitarnya,” imbuh kapolsesk.
Barang bukti yang disita, kalung emas seberat 18 gram dan jaket hitam milik pelaku. “Tersangka bersama barang buktinya saat ini sudah diamankan di Polsek Sumberpucun. Selanjutnya, tersangka kami periksa dan dilakukan pengembangan,” tandasnya. (big/aim)