Jadi Tersangka Perzinahan, Anggota Dewan Belum Ditahan

Loekito

KEPANJEN- Satreskrim Polres Malang akhirnya menetapkan Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Malang, Loekito Purwandono sebagai tersangka kasus dugaan perzinahan. Politisi Partai NasDem Kabupaten Malang ini, dilaporkan selingkuh dengan Itje Permatasari oleh suami Itje, Sukma Raharja.
Kasat Reskrim Polres Malang AKP Wahyu Hidayat SIK mengatakan, Itje Peramatsari juga ditetapkan sebagai tersangka. “Karena mereka berdua tersangkut kasus dugaan perzinahan. Hal itu sesuai dengan pasal yang kami jeratkan kepada keduanya, yakni 284 KUHP,” ujar Wahyu kepada Malang Post kemarin.
Dijelaskannya, pelapor yakni Sukma Raharja, telah mengetahui istrinya Itje Permatasari itu, ditetapkan sebagai tersangka. Menurutnya, pelapor tidak keberatan istrinya ditetapkan sebagai tersangka Karena hal tersebut sudah sesuai dengan pelanggaran pidana perzinahan yang dijeratkan kepada keduanya.
“Karena ini merupakan kasus perzinahan, keduanya harus mempertanggungjawabkan,” terang mantan Kasat Reskrim Polres Tuban ini.
Dengan ditetapkan keduanya sebagai tersangka, maka penyidik reskrim dapat memastikan telah mendapatkan dua alat bukti yang kuat dan keterangan dari para saksi. Penyidik Reskrim Polres Malang akan memeriksa Lukito sebagai tersangka pada Kamis, (9/4) mendatang. Dia berharap agar tersangka tidak mangkir dari panggilan.
“Kalau mangkir, maka akan kami layangkan panggilan kedua terhadap tersangka,” tegas Perwira Pertama (Pama) dengan tiga balok di pundaknya ini.
Penetapan sebagai tersangka itu kata Wahyu sapaan akrabnya, sudah atas sepengetahuan dari Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Malang. Satreskrim Polres Malang, juga sudah mengirimkan surat tembusan pemberitahuan penetapan Loekito sebaga tersangka kepada Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko.
“Seluruh prosedur sudah kami jalankan sesuai aturan,” imbuhnya.
Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, tidak dilakukan penahanan terhadap keduanya. Karena pasal yang dijeratkan mempunyai ancaman hukuman maksimal sembilan bulan, maka tidak perlu dilakukan penahanan terhadap tersangka.
Sementara itu, Loekito Purwandono enggan berkomentar lebih banyak terkait statusnya sebagai tersangka. “Terkait hal ini, sudah saya serahkan seluruhnya terhadap pengacara maupun kuasa hukum saya. Jadi, saya percayakan terhadap pengacara yang telah ditunjuk, untuk menangani permasalahan ini,” ujarnya dihubungi malam kemarin.
Dia juga belum bisa menentukan langkah hukum apa selanjutnya yang akan diambil. Lantaran yang mengetahui proses hukum itu, merupakan pengacaranya. Disinggung mengenai siapa pengacara yang ditunjuk, dia enggan menyebutkannya
Seperti diketahui, kasus ini mencuat pada akhir tahun 2014 lalu. Loekito Purwandono dilaporkan selingkuh oleh pengusaha Sukma Raharja. Dia dilaporkan selingkuh dengan istri Sukma Raharja bernama Itje permatasari.  Perselingkuhan itu dilaporkan dilakukan jauh hari sebelum Loekito Purwandono menjabat sebagai anggota dewan, tepatnya, saat dirinya mencalonkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Malang lalu. (big/aim)