Pencuri Spesialis Pertokoan Kuras Toko 818

MALANG – Kawanan pencuri spesialis pertokoan beraksi di Jalan Sunan Kalijaga, Lowokwaru Kota Malang. Kali ini yang menjadi sasaran adalah toko 818, milik Soni Media, 40 tahun, warga Jalan Simpang Gajayana.
Kawanan pelaku yang diduga beraksi dinihari kemarin itu berhasil membawa kabur 40 sak beras, 20 dos air mineral, 10 dos teh gelas, 10 dos kopi sachet, dan uang Rp 200 ribu. Akibatnya, pencurian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp 20 juta. Kasus pencurian itu, pagi kemarin oleh korban dilaporkan ke Polsek Lowokwaru. “Tadi saya sudah melapor ke Polsekta Lowokwaru. Anggota juga sudah datang ke sini untuk melakukan olah TKP setelah saya melapor,’’ katanya.
Kepada wartawan, Soni menceritakan pencurian tersebut diketahuinya sekitar pukul 08.00 WIB kemarin. Waktu itu Soni berniat membuka toko, melihat pintu harmonika yang menutup tokonya sudah terbuka. Sontak, Soni kaget dan curiga., lebih-lebih gembok yang menempel pada pintu tokonya juga rusak. “Saya tidak berani masuk,  tapi saya sempat mengintip kondisi di dalam toko dari cela-cela pintu yang terbuka,’’ katanya.
Kecurigaan Soni bahwa toko miliknya dibobol maling kian kuat setelah  melihat kondisi dalam tokonya berantakan. Saat itu dia melihat banyak barang yang berjatuhan ke lantai.
“Melihat kondisinya yang berantakan, saya semakin yakin kalau toko saya dibobol maling. Sehingga pagi itu juga saya melapor ke Polsekta Lowokwaru,’’ tambahnya.
Soni baru mengetahui banyak barang di tokonya hilang, setelah petugas dari Polsekta Lowokwaru datang ke TKP. Pengakuan Soni,  dirinya baru empat bulan terakhir menempati toko tersebut. Selama ini tidak pernah ada yang mencurigakan. Termasuk Senin (6/4) lalu, menurutnya semuanya berjalan normal. Para pembeli datang dan pergi. “Setiap hari saya buka toko pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB. Senin kemarin juga demikian, semuanya biasa tidak ada yang mencurigakan,’’ tandasnya. (ira/udi)