Dicecar 28 Pertanyaan, Tebar Senyum

Tersangka Loekito keluar dari ruangan UPPA Satereskrim Polres Malang  dengan tersenyum kemarin.

Loekito Diperiksa Tiga Jam
KEPAN JEN- Tersangka kasus perzinahan Anggota DPRD Kabupaten Malang Loekito Purwandono, memenuhi panggilan penyidik Satreskrim Polres Malang, kemarin. Politisi asal Partai NasDem ini, diperiksa selama tiga jam dan dicecar 28 pertanyaan, oleh penyidik Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Satreskrim Polres Malang.
Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Malang, datang pukul 09,00 WIB tepat, didampingi tiga orang kuasa hukumnya. Ketika datang tersebut, mereka langsung masuk ke dalam ruangan penyidik UPPA Satreskrim Polres Malang. Mereka diinterogasi langsung oleh Kanit PPA Satreskrim Polres Malang, Iptu Sutiyo SH Muh,
Sedangkan tiga orang kuasa hukum yang mendampingi pria berkacamatan itu, yakni Syafullah SH, Abdul Halim SH dan Agus Salim SH. Setelah menjalani pemeriksaan tiga jam, ketiganya langsung keluar begitu saja tanpa memberikan statmen. “Sudah ya mas foto-fotonya,” ujar Loekito sembari tersenyum dan berlalu begitu saja
Sedangkan salah seorang kuasa hukum Loekito, yakni Agus Salim, berjanji akan memberikan keterangan dalam waktu dekat ini. “Kami tidak mempunyai kewenangan, untuk mengomentari hasil pemeriksaan. Tapi, dalam waktu dekat, akan kami lakukan klarifikasi terkait kasus yang dialami klien kami,” ujarnya kepada wartawan kemarin.
Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Malang AKP Wahyu Hidayat SIK mengatakan, meski Loekito berstatus tersangka, tidak perlu dilakukan penahanan. “Karena ancaman hukumannya, hanya sembilan bulan, maka tidak perlu dilakukan penahanan. Selain itu tersangka juga kooperatif, dengan memnuhi panggilan kami,” ujarnya.
Dia menjelaskan, dengan ditetapkan Loekito sebagai tersangka, maka penyidik mempunyai bukti yang kuat. Ketika disinggung mengenai alat bukti itu, dia menejlaskan berupa foto-foto mesra antara Loekito dengan Itje Permatasasi.  Itje ini merupakan istri dari pegusaha Sukma Raharja, yang melaporkan Loekito.
“Selain itu, kami telah memintai keterangan dari para saksi, yang menyatakan bahwa memergoki Loekito ini, masuk hotel bersama Itje,” terang Perwira Pertama (Pama) dengan tiga balok di pundaknya ini. Sedangkan langkah selanjutnya dari kasus ini kata dia, pihaknya akan memanggil Itje Permatasri, yang juga ditetapkan sebagai tersangka.
Kemudian, proses akan dilanjutkan dengan konfrontir antara pelapor, tersangka Loekito dan tersangka Itje Permatasari, pada Senin (13/4) pekan depan. “Untuk kedua tersangka ini, kami jerat dengan pasal 284 KUHP tentang persinahan,” terang mantan Kasat Reskrim Polres Tuban ini.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya,  Loekito Purwandono dilaporkan berselingkuh dengan istri pengusaha Sukma Rahahrja, bernama Itje Permatasari. Hingga Loekito, ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Satreskrim Polres Malang pada awal pekan kemarin. (big/nug)