Maling Teman Sendiri Buat Beli Cungkrik

Tersangka M Subhan alias Memet beserta barang buktinya, saat diamankan di Mapolres Malang.

KEPANJEN- Pagar makan tanaman. Itulah peribahasa yang pantas disematkan pada M Subhan alias Memet, warga Dusun Sukun, Kelurahan/Kecamatan Kepanjen ini.  Pria berusia 31 tahun ini, tega melakukan pencurian terdahap temannya sendiri, Aris Susanto yang kos di Dusun Molek, Desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen.
Kejadian kali pertama, pada pertengahan bulan Maret lalu. Modus yang digunakan, sebelum melakukan pencurian, tersangka memanggil nama Susanto di depan kamar kosnya. Saat itu, kondisi kamar korban dalam keadaan terbuka. Karena dipanggil tidak menjawab, akhirnya tersangka masuk ke dalam kamar temannya itu..
“Tersangka mengambil barang berharga berupa dompet dan sepatu milik korban,” Kasat Reskrim Polres Malang, AKP Wahyu Hidayat SIK kepada Malang Post kemarin.
Kejadian kedua, terjadi pada awal bulan April lalu. Modus yang dilakukan, sama yakni memanggil  korban. Setelah dipanggil tidak menjawab, tersangka masuk ke dalam kamar korban.
Saat itu, tersangka berhasil menggondol ponsel merk Evercoss milik korban yang tergeletak di meja. Karena gerah barang miliknya sering hilang, membuat tersangka melaporkan kejadian itu ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Malang. Sebelumnya, korban telah curiga, bahwa pelakunya merupakan temannya sendiri.
“Kemudian, kami melakukan penangkapan terhadap tersangka di rumahnya. Saat dilakukan penggeledahan di rumahnya itu, ditemukan alat bukti berupa sepatu dan ponsel mili korban,” papar Perwira Pertama (Pama) dengan tiga balok di pundaknya ini. Saat itu juga, dia digelandang ke Mapolres Malang untuk dijebloskan dalam sel tahanan.
Di hadapan penyidik yang memeriksanya, bapak dua anak ini mengaku nekat melakukan pencurian tersebut, untuk pesta minuman keras (Miras). “Uang yang ada di dalam dompet korban, saya buat membeli bir dan cungkrik. Miras itu, saya minum sendiri,” terang tersangka. Dia juga mengakui, memang hobi minum miras. (big/aim)