Terekam CCTV, Pencuri Kenari Italia Ditangkap

MALANG – Apes menimpa Rudi Laksono, warga Desa Amadanom, Dampit, Kabupaten Malang. Aksi pencurian burung milik sang majikan  terekam CCTV. Alhasil, petugas Polsek Blimbing meringkus remaja berusia 19 tahun ini.
Burung yang dicuri Rudi yakni  Kenari Yorkshire. Burung impor asal Italia itu awalnya dijual di toko burung My Hobby di Jalan  LA Sucipto 101, Blimbing. Rudi sehari-harinya salah seorang pegawai di sana. Pria kos di Jalan  LA Sucipto Gg Lori, Blimbing itu mulai bekerja di toko burung tersebut sejak  Agustus 2014 lalu.
Ada tiga burung yang dia curi. Ketiga burung tersebut, saat itu sedang dalam kondisi sakit. Pada saat kejadian, Senin (30/3) lalu,  Rudi datang pagi-pagi sebelum majikannya datang. Kemudian dia langsung menuju ke lantai tiga, tempat burung tersebut berada.
Entah apa yang dipikirkannya, setelah mengambil burung itu, ia  langsung menaruhnya di saku celananya lalu membawa pulang ke kos. Beruntung saat itu burung tidak mati, sebab harga tiga burung itu bisa mencapai Rp 20 juta.
"Saat itu memang Rudi menaruh burungnya di saku. Untung masih hidup," ujar Magdalena, 42, pemilik toko burung My Hobby saat ditemui kemarin.
Magdalena mengatakan, pada awal kerja Rudi bersikap baik. Dia rajin dan menjalankan tugas dengan tepat. Kendati demikian, mulai akhir 2014 lalu Rudi bersikap aneh. Saat mengerjakan pekerjaannya, Rudi malas-malasan. Ketika diberi tugas oleh pemilik toko, ia  juga tidak mengerjakannya dengan baik.
"Saya tidak tahu alasannya. Saya sudah berkali-kali bertanya, tapi dia tidak menjawab," kata Magdalena seraya mengatakan akhirnya tanda tanya di benaknya terjawab saat mengetahui kalau Rudi mencuri burung yang dijualnya itu.   
Kapolsek Blimbing AKP Budi Setiyono menyebut kalau pihaknya berhasil meringkus Budi Jumat (10/4) lalu. Rudi ditangkap beserta barang bukti berupa tiga ekor Kenari Yorkshire yang dia simpan di kost-kostannya.
"Rekaman CCTV tidak begitu jelas merekam aksi pelaku. Mulanya ada lima orang yang kami curigai, tiga pembeli dan dua pegawai. Kelimanya kami periksa. Dari matching antara rekaman CCTV dengan hasil pemeriksaan, kami dapati kalau tersangka RL (Rudi Laksono) adalah pelakunya," ujar mantan Kasatlantas Polres Mojokerto ini, di kantornya kemarin.
Kini Rudi menjadi tahanan Polsek Blimbing. Polsek Blimbing saat ini masih melakukan pengembangan, apakah ada pelaku lain selain RL. Sementara barang bukti dititipkan ke toko burung My Hobby untuk perawatan. Karena masih menjadi barang bukti, untuk saat ini burung tidak boleh diperjualbelikan.
"Tersangka RL sekarang menjadi tahanan kami. Dia terjerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara," pungkas Budi. (erz/van)