Berkas Dilimpahkan, Lukito Tidak Ditahan

KEPANJEN -  Penyidik Satreskrim Polres Malang tidak terpengaruh dengan bantahan anggota DPRD Kabupaten Malang, Lukito Eko Purwandono yang menyangkal telah berbuat zina bersama Itje Permatasari, istri Sukma Raharja, meski Itje sudah mengakui perbuatan itu. Satreskrim Polres Malang telah melimpahkan berkas itu kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepanjen.
 “Sesuai dengan aturan KUHAP, berkas tersebut dipelajari oleh kejaksaan selama 14 hari. Sebelum, nantinya ditetapkan P21 atau lengkap,” ujar Kasat Reskrim Polres Malang AKP Wahyu Hidayat SIK kepada Malang Post kemarin.
Dijlekaskannya, selama 14 hari, kejaksaan akan memeriksa secara cermat serta seksama, berkas yang telah dilimpahkan oleh penyidik kepolisian. Bila terdapat kekurangan akan dikembalikan kepada penyidik kepolisan untuk dilengkapi.  Namun, dia optimis, berkas tersebut dapat dinyatakan lengkap atau P21 secepatnya.
“Berkas dua tersangka sekaligus yang kami kirimkan, yakni tersangka Lukito Eko Purwandono dan tersangka Ijte. Bila sudah dinyatakan lengkap oleh kejaksaan, maka proses selanjutnya ada pada kejaksaan itu sendiri,” terang mantan Kasat Reskrim Polres Tuban ini. Proses selanjutnya kata dia, untuk didaftarkan dalam persidangan.
Meski demikian, hingga saat ini pihaknya tidak melakukan penahanan terhadap dua tersangka. Sesuai aturan, hukuman di bawah satu tahun penjara tidak wajib dilakukan penahanan. Karena tersangka dijerat pasal 284 KUHP tentang perzinahan yang ancaman hukumannya maksimal sembilan bulan penjara.
“Selain itu, kedua tersangka masih beritikad baik dengan memenuhi panggilan penyidik untuk diperiksa,” terang Perwira Pertama (Pama) dengan tiga balok di pundaknya.
Lanjut dia, telah dilimpahkan berkas kedua tersangka ini, berarti petugas penyidik telah yakin, berkas dan pemeriksaan yang dilakukan telah lengkap.
Termasuk yakin, bahwa keduanya melakukan pelanggaran pidana, dalam hal ini perzinahan, Seperti diketahui sebelumnya, kasus ini mencuat pada akhir tahun 2014 lalu. Politisi Partai Nasdem itu dilaporkan selingkuh oleh pengusaha Sukma Raharja.
 Dia dilaporkan selingkuh dengan istri Sukma Raharja bernama Itje permatasari.  Perselingkuhan itu dilaporkan dilakukan jauh hari sebelum Lukito menjabat sebagai anggota dewan, tepatnya, saat dirinya mencalonkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Malang lalu. (big/aim)