Api Lahap Kamar Kos-kosan Mahasiswa UB

MALANG – Warga Jalan Candi Brahu, Mojolangu, Lowokwaru, Kota Malang digegerkan dengan peristiwa kebakaran yang menimpa rumah kos-kosan nomor 25. Kebakaran yang terjadi kemarin, sekitar pukul 10.00 WIB itu, melahap habis satu kamar kost yang berada di lantai dua rumah tersebut.
Saat kejadian berlangsung, hanya ada dua dari enam penghuni kos-kosan yang berada di rumah tersebut. Keduanya masih tertidur. Mereka adalah Oki Febriansyah (21) dan Bramantio (21), mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang. Saat mereka tertidur, asap sudah membumbung dan api mengamuk. "Saat itu saya masih tidur, baru terbangung saat warga membangunkan," ujar Oki, panggilan akrab Oki Febriansyah di lokasi kejadian, kemarin.
Ditambahkan, mengetahui kalau ada kebakaran di kamar tersebut, keduanya langsung panik dan berlari keluar. Warga setempat, Budi Harto mengatakan, kalau api yang menyala cukup besar dan mengepulkan asap yang banyak. Warga sekitar berusaha memadamkan api dengan ember dan lima keran PDAM, untuk mencegah api semakin membesar.
Mereka naik menggunakan tangga, kemudian mendobrak pintu dan memecahkan kaca kamar berukuran 2x6 meter. Setelah itu, warga bergotong royong memadamkan api.
Baru sekitar 20 menit upaya pemadaman dilakukan, akhirnya api padam. Baru saat api padam, petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang datang. "Iya, tadi ada lima mobil PMK. Tapi saat mereka datang, api sudah padam," kata Budi Harto, warga setempat.
Berdasarkan pantauan Malang Post kemarin, kamar yang terbakar hangus dan sudah tidak tersisa. Informasinya, banyak barang berharga yang ikut ludes terbakar atau rusak karena kejadian ini. Diantara barang yang hilang atau rusak, seperti kamera DSLR, laptop, televisi, dispenser atau pakaian. Selain itu, ijazah SD dan SMA juga ikut terbakar.
"Saat kejadian ini, pemilik kost sedang pergi ke Jakarta, jadi belum bisa ke sini. Tapi, saya harap pemilik kost memaklumi dan tidak minta ganti rugi kepada korban," ujar Oki seraya mengatakan kalau kejadian ini merupakan sebuah insiden yang tidak terduga.
Belum diketahui persis penyebab kebakaran itu. Dugaan sementara, sumber api berasal dari korsleting listrik pemilik kamar yang terbakar. Sampai saat ini, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran. (erz/udi)