Gudang Besi Terbakar Berjam-jam

MALANG – Warga yang berlalu-lalang di Jl Wiromargo 14 RT 3 RW 5, kelurahan Sukoharjo, kecamatan Klojen, Kota Malang dihebohkan percikan api yang keluar dari gudang besi milik Toko Kartika, Senin (4/5/15) lalu. Bangunan setinggi sekitar 20 meter ini, diketahui terbakar sekitar pukul 20.30 WIB.

Kebakaran tersebut pertama kali diketahui Marlia Agustina (29), seorang pedagang kembang di kawasan tersebut. Saat itu Lia, panggilan akrabnya, baru akan pergi ke apotek. Belum sempat menyiapkan sepeda motornya, dia melihat ada percikan api keluar dari bangunan dua lantai itu. Suami Lia, Hadi Setiawan (33), langsung berteriak minta tolong dan memanggil pemadam kebakaran (PMK).
Sekitar 15 menit kemudian, lebih dari lima unit mobil PMK datang. Mereka langsung berusaha memadamkan api. Akan tetapi, karena pintu gudang tertutup dan pemilik toko belum datang, mereka kesulitan masuk ke tempat tersebut. "Apinya sudah besar. Mobil PMK berulang kali kembali untuk mengisi ulang air," kata Lia kepada Malang Post saat ditemui Senin malam lalu.
Lia menyebut, saat kejadian kondisi gudang sedang kosong. Dia mengatakan, api sudah menyala sejak lama. Akan tetapi, para warga baru tahu pukul 20.30 WIB. "Untung kantor PMK dekat, jadi datangnya  cepat. Api tidak sampai merembet ke bangunan lain," kata Lia.
Meski begitu, api juga tetap tidak bisa padam. Api baru padam sekitar pukul 23.45 WIB. Petugas PMK kesulitan memadamkan karena api berada di dalam bangunan. Kerugian yang dialami pemilik gudang sekitar Rp 50 juta dengan lahan bangunan yang terbakar kira-kira 400 meter persegi.
Satkom RJT, Teguh Widodo, menyebut kalau sumber api berasal dari dapur. Menurutnya, kebakaran bermula dari  korsleting listrik. Kemudian, api membesar lantaran terdapat tabung LPG disana. "Api membesar mungkin karena menyambar tabung gas di dapur. Namanya dapur, pasti ada tabung gasnya," kata Teguh.
Sementara Kapolsek Klojen, Kompol Teguh Priyo Utomo menyatakan kalau sampai saat ini kepolisian belum bisa memastikan penyebab dari kebakaran. Kemarin (5/5/15) pagi, polisi masih melakukan olah TKP.
"Untuk penyebab kebakaran, masih kita dalami. Sesegera mungkin akan kami temukan. Tapi, saat kejadian tidak ada orang di dalam. Karyawan sudah dipulangkan dari pukul 18.00 WIB," katanya. (erz/han)