Ciumi Dulu, Sebelum Dihanyutkan Hidup-Hidup

Memakai seragam tahanan warna orange serta penutup wajah, Diana didampingi penyidik berjalan menuju ruang UPPA Polres Malang. Dengan kedua tangan terus di belakang, Diana duduk di hadapan Kasatreskrim Polres Malang, AKP Wahyu Hidayat. Ia kemudian menceritakan kronologis perbuatannya.
Sebelum berpacaran dengan Yudio, Diana sudah memiliki suami sah. Ia dikaruniai seorang anak laki-laki berusia 18 bulan, dari hasil perkawinannya. Namun setahun lalu, rumah tangganya retak dan sekarang dalam proses perceraian.
“Sudah setahun ini saya berpisah dengan suami. Sekarang sedang proses cerai. Alasannya karena suami tidak mau pulang ke rumah,” ujar Diana.
Beberapa bulan menyindiri, pada Agustus 2014 Diana berkenalan dengan Yudio. Perkenalannya saat Yudio bermain ke rumah kakak Diana. Dari perkenalan tersebut, keduanya lalu berpacaran. Sekalipun tersangka sudah mengetahui kalau Yudio memiliki istri serta anak.
“Saya mau pacaran dengannya karena dijanjikan akan dinikahi,” katanya. Setelah pacaran, keduanya kemudian melakukan hubungan intim. “Tiga kali saya berhubungan intim dengan Yudio, di sebuah penginapan di Bantur,” tuturnya.
Akibat hubungan gelap tersebut, pada bulan September Diana hamil. Ia mengutarakan kehamilan tersebut pada Yudio. Tetapi dikatakannya kalau Yudio tidak mau bertanggungjawab. “Selama hamil, orangtua sama sekali tidak tahu. Saya tidak berani memberitahu karena takut dimarahi,” urainya.
Selama sembilan bulan mengandung, Diana berusaha menyembunyikan rapat kehamilannya. Tak seorang pun tahu dengan kehamilannya, kecuali Yudio pacarnya. Hingga akhirnya Minggu (3/5) lalu sekitar pukul 05.00, Diana merasakan mulas. Ia meyakini kalau akan melahirkan.
Selanjutnya dengan membawa sebuah gunting, Diana pergi ke Sungai Sumberbening, yang tak jauh dari rumahnya. Di sungai tersebut ia melahirkan bayi laki-laki. Setelah lahir, Diana lalu memotong tali pusar dengan gunting yang dibawanya.
“Ketika lahir, bayi itu menangis. Kemudian saya gendong dan saya ciumi. Tetapi karena takut ketahuan kalau hasil hubungan gelap, bayi itu saya hanyutkan dalam kondisi hidup,” papar Diana.
Setelahnya, Diana pulang. Saat berada di rumah, ia mengaku sama sekali tidak memiliki rasa bersalah. Hanya rasa takut, perbuatannya terbongkar saja. Hingga akhirnya Selasa siang lalu, Diana dijemput polisi di rumahnya.(agp/aim)