Pura-pura Olahraga, Mukhlis Nyolong HP

MALANG – Pelaku pencurian ponsel di Lapangan Rampal yang satu bulan belakangan meresahkan warga, akhirnya berhasil diamankan. Muklis (Ms), warga  Jalan  JA Suprapto,  RT 6 RW 6, kelurahan Samaan, Klojen, Kota Malang ini kepergok warga yang sedang berolahraga ditempatnya beraksi, Kamis (7/5/) lalu.
Berdasarkan informasi yang diperoleh  Malang Post, sekitar pukul 14.30 WIB Muklis datang ke Lapangan Rampal. Saat itu, remaja berusia 20 tahun ini berpura-pura sedang berolahraga. Ia  bermain sepak bola  bersama sejumlah remaja lainnya.
Sekitar pukul 16.30 WIB, Muklis beraksi. Pria  pengangguran ini mencoba merogoh-rogoh jok sebuah motor yang diparkir di parkiran timur Lapangan Rampal. Aksinya diketahui seseorang yang sedang bermain basket. Mereka langsung menyerbu Muklis lalu diamankan di pos parkir Lapangan Rampal.
Warga kemudian menghubungi Polisi. Tak berselang lama, petugas  Polsekta  Blimbing langsung meluncur ke Lapangan Rampal. Kemudian mengamankannya untuk dimintai keterangan dan diamankan.
Kapolsek Blimbing AKP Budi Setiyono mengatakan, saat ini sedang dalam proses penyidikan lebih lanjut. "Kami mendapat laporan dari warga Kamis kemarin sekitar pukul 16.30 WIB. Kami menahan beberapa barang bukti dari pelaku," jelasnya.
Barang bukti yang disita polisi adalah dua HP merk Blackberry dan Samsung. Keduanya merupakan barang hasil curian pelaku. Berdasarkan keterangan Muklis kepada polisi, dirinya sudah empat kali melakukan aksi kriminal di Rampal. Keempatnya, dilakukan dalam satu bulan.
"Pelaku mencari target sepeda motor yang joknya agak terbuka karena ada jaket, tas dan sebagainya. Setelah itu, pelaku memasukan tangan ke bawah jok melalui celah yang terbuka. Kondisi jok masih terkunci, tapi karena keahlian pelaku jadi dia leluasa melakukannya," jelas mantan Kasatlantas Polres Mojokerto ini.
Lantaran perbuatannya, kini Muklis menjadi tahanan Polsek Blimbing. Dia dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana lima tahun penjara. (erz/van)