Korsleting, Karaoke Milik Rossa Terbakar

MALANG – Diva Family Karaoke milik penyanyi Rossa terbakar, Minggu pagi (10/5) kemarin. Api bersumber di room 24 yang menjadi ruang VIP lantai dua karaoke tersebut. Kebakaran itu bisa dilokalisir lantaran lima unit PMK datang dengan cepat di karaoke milik juri X Factor itu.
Selain naik tangga, PMK juga menjebol baliho Rossa agar bisa masuk ke lantai 2. Api cepat dipadamkan. Sehingga kerusakan hanya terjadi di ruang 24, berupa tiga unit LED, perangkat sound, meja, dan sofa. Semuanya habis terbakar.  Tak ada korban jiwa, sebab ketika kebakaran terjadi, karaoke tersebut belum beroperasi.
Dari informasi yang berhasil dihimpun Malang Post, kebakaran ini terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Salah satu saksi, Dul Supangat menyebutkan dia melihat asap tebal  di area TKP. Mulanya, penjaga Stadion Gajayana ini  menduga, ada orang yang sengaja membakar sampah. Namun karena asap yang terlihat semakin tebal, Dul pun penasaran, dan keluar dari area stadion.
“Saat keluar baru tahu jika asap tersebut dari Karaoke Diva,’’ katanya.
Tanpa pikir panjang Dul kemudian mendatangi tempat karaoke yang saat itu tutup. Dengan sekuat tenaga dia menggedor pintu lipat karaoke tersebut, untuk membangunkan penjaga yang ada di dalam. “Saya gedor berulangkali kemudian, penjaganya keluar.  Begitu tahu ada yang terbakar, dia langsung menelepon ke pengelola untuk memberitahu,’’ kata Dul.
Usai menelepon,  bersama warga, penjaga Diva Family Karaoke langsung  mencari sumber api.  Dengan perangkat seadanya, mereka pun melakukan pemadaman.
Api  yang cukup besar membuat warga kewalahan. Sehingga mereka pun melapor ke PMK Kota Malang dan Polsekta Klojen. Lima unit mobil pemadam kebakaran pun tiba di tempat kejadian, dan seketika memadamkan api yang masih berkobar.
Sementara Aris Setiawan, pengelola Diva Famili Karaoke yang kemarin langsung datang setelah mendapat telepon mengatakan, jika yang  terbakar adalah room 24 di lantai dua karaoke tersebut. Room 24 merupakan ruang VIP yang sangat luas. Di ruangan itu selain ada tiga unit LED, perangkat sound, meja, dan sofa. Semuanya habis terbakar.  
“Untuk nilai kerugiannya belum diketahui. Sekarang konsentrasi kami memadamkan api dulu,’’ katanya.
Aris mengaku jika karaoke tersebut milik Rossa, dan kejadian ini akan dilaporkan kepada manajemen di Jakarta. “Tadi secara lisan saya sudah menelepon manajemen di Jakarta melaporkan kejadian ini,’’ tambahnya.
Aris juga mengaku belum bisa memastikan kapan karaoke yang memiliki sekitar 40 room dengan jumlah karyawan sekitar 50 orang ini kembali beroperasional. “Sementara ini tutup, sampai proses penyelidikan selesai,’’ katanya.
Lalu apa yang menjadi penyebab kebakaran tersebut, Aris mengaku tidak tahu. Namun dari informasi yang diterima, kebakaran tersebut alibat korsleting listrik.
“Kalau dari karyawan tadi menyebutkan ada kabel yang meleleh. Mungkin karena korslet,’’ katanya.
Dugaan korsleting listrik menjadi penyebab kebakaran juga dikatakan oleh Kapolsekta Klojen Kompol Kompol  Teguh Priyo Wasono. Perwira dengan satu melati di pundak ini kemarin terjun langsung dan memimpin olah TKP.
“Saat ini kami masih melakukan penyelidikan. Untuk sebabnya, kami masih menunggu hasil penyelidikan,’’ katanya.
Dia juga menyebutkan, jika dari peristiwa kebakaran ini pihaknya mengamankan beberapa barang bukti, diantaranya  adalah kabel dan stop kontak listrik. “Di dalam itu banyak barang elektronik. Bisa jadi api disebabkan karena stok kontak yang tidak dicabut,’’ katanya.
Kata Teguh, stop kontak yang tidak dicabut memicu panas, dan jika dibiarkan akan meleleh dan bisa menyebabkan kebakaran. “Kami  tidak mau menduga-duga, untuk sebabnya kami tunggu hasil dari labfor,’’ tandas teguh.
Sementara puluhan karyawan Diva Famiy Karaoke, Jalan Tangkuban Perahu, hanya bisa berdiri di depan tempat kerjanya. Mereka hanya diam, sembari matanya melihat tempat kerjanya yang baru saja terbakar. Beberapa diantarannya saling bertanya soal kejadian, namun tidak sedikit dari mereka yang pasrah. Wajar, karena sebagian dari para karyawan ini menggantungkan hidupnya pada  karaoke milik penyanyi Rossa ini.
“Kami masih menunggu instruksi dari manajemen,’’ kata salah satu karyawan Diva Karaoke.
Karyawan yang enggan menyebutkan namanya ini hanya berharap, jika Diva Family Karaoke tempatnya bekerja tersebut cepat kembali beroperasional. Sehingga seluruh karyawan dapat kembali beraktifitas.
Karyawan tersebut memang tidak mengetahui saat kebakaran terjadi. Rata-rata mereka hanya mendapatkan informasi dari rekannya. “Tadi dikasih tahu saya langsung ke sini, dan melihat PMK melakukan pemadaman,’’ tambah wanita tersebut. (ira/ary)