Dibekuk, Bandar Sabu Miliki Senpi

MALANG POST – Perang terhadap peredaran narkoba, kembali dilakukan Polrestabes Surabaya. Salah satu bandar narkoba jenis sabu-sabu, Yus Ismanto (34 tahun), kemarin siang berhasil dibekuk tim Polsek Krembangan di rumahnya Jl. Morokrembangan, Surabaya.
Bukti tersangka adalah bandar cukup kuat, karena saat ditangkap Yus tengah menikmati hisapan sabu-sabu dari bong ditangannya. ‘’Saat ditangkap tersangka sedang menghisap sabu-sabu,’’ papar AKBP Arnapi, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin siang.
Menurut dia, Yus sudah lama menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) Polrestabes Surabaya. Selain sebagai bandar sabu-sabu, Yus kemana-mana diketahui selalu membawa senjata tajam untuk pengamanan dirinya. Bahkan, Yus juga memiliki senjata api (senpi) yang sewaktu-waktu digunakan jika dirinya sudah merasa tidak aman.
‘’Selain 5,31 gram sabu-sabu, kami juga mengamankan sebuah senjata api rakitan dari temannya di Kalimantan. Kami juga menyita beberapa senjata tajam seperti clurit. Ada juga alat hisap (bong) dan uang tunai Rp 4 juta,’’ papar Arnapi didampingi Kapolsek Krembangan.
Dikatakan Arnapi, dari hasil pemeriksaan Yus mengaku sudah tiga bulan mengedarkan sabu-sabu untuk kalangan terbatas. Yaitu untuk konsumsi para Anak Buah Kapal (ABK) yang kapalnya biasa bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak. ‘’Tetapi dari cara dia mengedarkannya, kami tidak langsung percaya. Dengan cara yang cukup profesional, kami masih terus melakukan pengembangan terhadap jaringan dibalik tersangka,’’ katanya.
Ditambahkan dia, dari penyitaan senjata tajam milik tersangka petugas mengindikasikan ada kemungkinan Yus juga terlibat tindak kriminalitas lainnya. Karena itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Polsek lain di Surabaya untuk melihat catatan kriminalitas di masing-masing Polsek.
‘’Kami sangat curiga tersangka juga melakukan tindak kriminalitas lain. Makanya, kami masih menunggu informasi dari polsek-polsek lainnya terkait kejadian pencurian dan kekerasan di wilayahnya,’’ pungkasnya.
Dalam gelar perkara kemarin, petugas menunjukkan barang bukti berupa 5,31 gram sabu-sabu, pil ekstasi seberat 0,76 gram, alat hisap, plastik klip, satu gulung aluminium foil, senpi rakitan jenis revolver, empat senjata tajam, plat nopol palsu, dan Mobil Xenia warna silver nopol B 1245 VBB. (has/udi)