Tak Kuat Menanjak, Terjun Ke Sungai

Truk bermuatan batu bata saat masuk sungai di Kelurahan Temas Kota Batu,
 

BATU – Sebuah truk, Z 8140 DI bermuatan batu bata masuk sungai coban di Kelurahan Temas, Kota Batu, Selasa (12/5) kemarin. Truk tersebut mundur karena tidak kuat melaju pada tanjakan saat melintas di jalan belakang MAN Malang 2 Kota Batu itu.
Truk tersebut langsung terbalik ketika berada di dasar sungai dengan ketinggian sekitar lima meter dari jalan. Beberapa bagian kendaraan ringsek dan batu-bata berserekan di dasar sungai. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.
Informasi yang berhasil dihimpun Malang Post menyebutkan, saat itu truk dengan muatan 5000 batu bata berjalan dari Dampit Kabupaten Malang. Tujuan kendaraan itu adalah perumahan yang sedang dibangun di belakang Pasar Batu.
Sewaktu melintas pada tanjakan, kendaraan dengan beban berat itu tidak kuat. Malahan kendaraan sempat berhenti karena mesin mati. Rem kaki maupun handrem tidak mampu menahan laju kendaraan yang berjalan mundur sehingga terjun bebas masuk sungai.
‘’Saya hanya kuatir jika dibelakang truk ini ada motor atau kendaraan lain. Mesin truk ini mati dan rem sudah tidak mampu menahan laju sehingga langsung terjun ke sungai,’’ terang Purwanto, sopir truk.
Dia menjelaskan, pihaknya sudah biasa mengirim batu bata ke perumahan yang sedang dibangun itu. Hanya saja, dia tidak biasa melintas di jalan tersebut karena biasanya memutar dan melintas dari Jalan Terusan Agus Salim atau depan Jatim Park 2.
‘’Saya tidak tahu kenapa hari ini tiba-tiba lewat jalan ini. Sepertinya memang ada yang mendorong supaya saya melintas jalan ini, padahal biasanya memutar di atas,’’ ungkap warga Dampit ini.
Truk yang masuk sungai tersebut menjadi tontonan gratis warga sekitar dan pengguna jalan. Proses evakuasi sangat alot. Mobil derek sempat beberapa kali gagal melakukan evakuasi kendaraan berat itu karena kondisi kendaraan yang terbalik. Setelah proses dilakukan hingga beberapa jam, kendaraan warna kuning tersebut akhirnya berhasil dievakuasi. (feb)