Tergiur BB Q 10 Murah, Tertipu Rp 1,65 Juta

MALANG – Ini peringatan bagi pengguna aplikasi BlackBerry Messenger (BBM). Karena banyak sekali pelaku penipuan menggunakan aplikasi tersebut sebagai alat untuk menjerat para korbannya. Salah satunya dialami oleh Silvia Pusparini, 41 tahun, warga Jalan Pasar Besar Kota Malang. Silvia harus kehilangan uang Rp 1.65 juta, setelah mendapat broadcast penawaran ponsel murah. Kasus inipun oleh korban, Senin (18/5) dilaporkan ke Polres Malang Kota.
Kepada petugas, Silvia menguraikan penipuan ini berawal saat dia menerima broadcast BBM melalui ponselnya Jumat (1/5). Broadcast tersebut, berisi penawaran jual beli ponsel dengan harga murah. Silvia Broadcast langsung menanggapi serius broadcast tersebut. Dengan semangat dia membalas broadcast tersebut, untuk menanyakan harga BlackBerry Q10.
Tidak lama berselang penyebar broadcast membalas, dan menyebutkan jika harga BlackBerry Q10 Rp 1.65 juta. Sontak, Silvia tertarik untuk membeli. “Setelah beberapa kali mengirim BBM, korban kemudian mendatangi ATM BCA Borobudur, dan mentransfer uang sejumlah Rp 1.65 juta,’’ kata Kasubag Humas Polres Malang Kota AKP Nunung Anggraeni, kemarin.
Usai mentransfer, antara korban dan pelaku masih melakukan kontak. Dan saat itu pelaku menyebutkan, jika barang yang dibeli langsung dikirim, dan akan sampai paling lambat seminggu kemudian.
Tapi apes, satu minggu ditunggu ponsel yang dibeli tidak kunjung datang. Korban pun sempat menanyakan ke pengirim broadcast, dan dijawab kalau diminta bersabar. Silvia baru sadar jika dirinya menjadi korban penipuan setelah Senin (18/5) lalu. Selain barang yang dibeli tidak kunjung datang, pelaku juga memutuskan hubungan pertemanan.
“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu berhati-hati dan tidak percaya begitu saja dengan broadcast messeges yang diterima. Terutama yang isinya adalah menawarkan barang. Itu karena banyak pelaku penipuan berkedok menjual barang,’’ tandas Nunung. (ira/udi)