Mantan Kepsek SMK PGRI 3 Divonis Tipikor

MALANG POST - Drs Beskinur, mantan Kepala SMK PGRI 3 Malang akhirnya divonis bersalah telah melakukan perbuatan tindak pidana korupsi (tipikor), kemarin. Di ruang sidang Candra, majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya memvonis warga Perumahan Poltek Joyogrand itu, dengan hukuman enam tahun penjara dan denda Rp 200 juta.
Dilansir dari Malang Ekspres (Malang Post Group), Eri Ernawati SH, Ketua Majelis Hakim yang memimpin sidang tersebut juga mengganjar Beskinur untuk mengganti kerugian negara sebesar Rp 555.140.000. "Atau diganti hukuman penjara dua tahun bila tidak membayarkan uang tersebut," ujar hakim.
Dalam persidangan, dosen teknik ini terbukti bersalah telah menyalahgunakan uang Bantuan Operasional Sekolah/Ujian Kompetensi Kejuruan (BOS/UKK) tahun 2011 - 2012. Modusnya, dia mengalihkan dana bantuan dari Kementerian Pendidikan itu ke rekening perusahaan pribadinya, PT. Yopa Mitra Pergani.
"Terdakwa terbukti mengalihkan dana tersebut melalui Bank Jatim ke rekening miliknya di Bank BNI," tegas hakim dalam pembacaan putusan semalam. Putusan ini lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Malang.
Meski dapat potongan enam bulan ditambah masa tahanan, pria berusia 58 tahun itu, hanya terdiam ketika hakim membacakan putusan. Beberapa kali, Beskinur yang mengenakan baju batik coklat membetulkan kacamatanya hingga majelis hakim mengetok palu di meja hijau.
Usai putusan dibacakan, dosen Polinema ini berdiskusi dengan tim kuasa hukumnya. Tampak beberapa guru SMK PGRI 3 Malang melihat sidang tersebut. Menyikapi putusan hakim itu, Ursula Ririn Marina SH, MPd, kuasa hukum dari Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) PGRI Jatim mengaku cukup prihatin dengan permasalahan ini.
"Saya sebenarnya cukup prihatin. Namun kalau putusan itu dianggap layak karena perbuatannya, mau bilang apa lagi," katanya. "Setelah ini, kami akan fokus untuk kasus perdatanya," katanya lagi.
Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan (PPLP) Dasar Menengah (Dasmen) PGRI Jatim sendiri sudah memegang laporan keuangan yang dipegang selama Beskinur menjadi Kepala SMK PGRI 3 Malang. (mar)