Ditinggal Kerja, Rumah Hangus Terbakar

Petugas PMK Kabupaten Malang dibantu warga sekitar memadamkan api yang membakar rumah Kifli.

MALANG – Ketenangan warga Jalan Welirang, RT 02 RW 02, Kelurahan/Kecamatan Kepanjen, siang kemarin berubah mencekam. Warga panik setelah melihat ada api yang membakar salah satu rumah warga. Api begitu cepat membakar rumah milik Kifli.
Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang berada tepat di depan Pasar Kepanjen itu. Saat kejadian rumah dalam kondisi kosong. Kifli serta Kajul adiknya yang tinggal di rumah itu sedang keluar untuk bekerja.
 "Saya pergi kerja sejak pagi, rumah dalam kondisi kosong," ujar Kajul, kepada Malang Post.
Pemuda berusia 23 tahun ini mengatakan, ada banyak barang berharga di dalam rumah. Selain perabot rumah, juga beberapa surat penting seperti ijazah dan STNK motor. Tidak tahu berapa rincian jumlah kerugian yang dialaminya. Sebab seluruh bangunan dan perabot dalam rumah ludes terbakar.
Peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00. Kejadian diketahui setelah salah satu warga melihat ada kepulan asap yang keluar dari rumah Kifli. Yakin bahwa rumah terbakar, saksi lantas memberitahukan kepada warga sekitar.
"Awalnya belum terlihat api. Begitu pintu depan kami dobrak, asap tebal langsung membubul dan diikuti kobaran api. Titik api terlihat besar dari dalam kamar Kifli," terang Hermawan, warga sekitar yang juga saksi mata.
Warga yang mendengar ada kebakaran, langsung bedatangan. Mereka berusaha memadamkan api dengan air seadanya. Tetapi api malah semakin besar. Karena takut api merembet ke rumah warga lainnya, apalagi berada di tengah perkampungan padat penduduk, akhirnya dilaporkan ke Polsek Kepanjen dan PMK Kabupaten Malang.
Selang 15 menit kemudian, tiga unit mobil PMK datang ke lokasi untuk memadamkan api, dengan dibantu warga sekitar. Sekitar satu jam, akhirnya api berhasil dipadamkan. Namun kondisi rumah sudah ludes terbakar.
"Kerugiannya berapa masih belum tahu. Yang terpenting adik-adik saya selamat tidak ada yang terluka. Sebab biasanya saat siang hari, Kajul pulang untuk tidur. Tetapi ini tadi tidak pulang," tutur Mita, kakak kandung Kifli dan Kajul.
Sementara itu, dari keterangan beberapa warga dan petugas Polsek Kepanjen yang datang ke lokasi, kebakaran tersebut karena dugaan konsleting listrik. Sebab baik Kifli maupun Kajul, selama ini tidak pernah memasak. Titik sumber api diketahui dari dalam kamar Kifli.(agp/aim)