GM PT Kebun Arjuna Dibui

Gelapkan Uang Perusahaan
MALANG – General Manajer (GM) PT Kebun Arjuna Karangploso, Agus Wiyono, 42 tahun, harus meringkuk di balik rutan Mapolres Malang, sejak Kamis lalu. Ia dijebloskan ke dalam penjara, karena tuduhan penggelapan uang perusahaan, nilainya sekitar Rp 100 juta lebih.
“Tersangka Agus kami tangkap di rumah istrinya di Posorejo, Kedungdoro, Kabupaten Ngawi. Penangkapan dia setelah kami mendapat laporan dari perusahaan,” ungkap Kanit Idik IV Reskrim Polres Malang, Iptu Sutiyo, SH, Mhum.
Diperoleh keterangan, Agus Wiyono bekerja di PT Kebun Arjuna Karangploso, sudah tiga tahun sejak 2012 lalu. Pria yang tinggal di Desa Tawangargo, Karangploso ini, dipercaya sebagai General Manajer di perusahaan yang bergerak dalam bidang sayuran dan buah-buahan.
Tugasnya hanya mengawasi dan mentransfer uang kepada Bambang, pemilik PT Kebun Arjuna. Uang yang ditransfer adalah hasil penjualan sayuran dan buah-buahan kepada tengkulak setelah panen.
“Panennya tidak menentu. Pokoknya setiap panen, uang hasil penjualan setelah saya terima dari karyawan bagian keuangan, langsung saya transfer ke rekening pimpinan,” ujar Agus.
Nilai uang yang ditransfer, ternyata tidak sesuai dengan hasil penjualan. Jika hasil penjualan Rp 25 juta, yang disetorkan hanya Rp 20 juta. Sedangkan sisanya masuk ke dalam kantong tersangka.
Aksi penggelapan yang dilakukan Agus terungkap, ketika pertengahan Mei lalu ia tidak menyetorkan uang hasil penjualan. Dalihnya, tersangka keburu pulang kampung untuk menemui istri dan anaknya.
Pimpinan yang menanyakan uang hasil penjualan, tidak direspon dengan baik. Dan ketika dilakukan audit, ternyata ada banyak selisih dari uang hasil penjualan dengan yang disetorkan. Karena merasa dirugikan, perusahaan akhirnya melaporkan ke Polres Malang. “Uangnya habis untuk keperluan pribadi pak,” tuturnya.(agp/han)