Operasi Patuh, Jaring Pelaku Curanmor

Tersangka Hermawan

KEPANJEN – Operasi patuh yang digelar Satlantas Polres Malang di Jalan Raya Bululawang, akhir pekan kemarin, membuahkan hasil. Seorang pelaku pencurian kendaraan beromotor (Curanmor) berhasil diciduk. Pelakunya bernama Hermawan bin Taufik, 22 tahun, warga Dusun Gampingan, Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo.
Tersangka mencuri sepeda motor Yamaha Vixion P 3001 YK, milik Gyantot, 35 tahun, warga Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo.
“Pencuriannya terjadi pada 8 Mei lalu. Saat itu, korban memarkir sepeda motornya di dekat sawah di Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo, kemudian ditinggal mencari rumput dalam keadaan terkunci. Saat kembali, korban dikagetkan, saat mengetahui sepeda motornya sudah tidak ada di tempat,” ujar Kasat Reskrim Polres Malang, AKP Wahyu Hidayat, kepada Malang Post kemarin.
Dijelaskannya, Karena menjadi korban pencurian, korban melaporkan ke Polsek Tirtoyudo. Laporan itu, kata Wahyu, ditindaklanjuti dengan penyelidikan dan penerbitan list sepeda motor yang menjadi korban pencurian. Hasilnya, saat petugas Satlantas Polres Malang melakukan razia di Jalan Raya, Bululawang pelaku pencurian dapat ditangkap.
“Tersangka sempat berusaha kabur, namun, oleh petugas dapat dicegah. Sehingga, tersangka tersebut tidak bisa menghindar lagi,” terang Perwira Pertama (Pama) dengan tiga balok di pundaknnya.
Sementara itu, pengakuan tersangka di hadapan penyidik yang memeriksanya, nekat melakukan pencurian itu, lantaran ingin mempunyai sepeda motor. Sepeda motor yang dimiliki tersangka sudah butut dan dia menginginkan yang baru. “Saya tidak berniat untuk menjual sepeda motor ini. Melainkan saya pergunakan sendiri. Saya tidak kuat, bila membeli sepeda motor baru,” kilahnya.
Saat menjalankan aksinya, dia mengaku bersama salah seorang temannya. Mereka mempergunakan sepeda motor milik Hermawan, saat menjalankan aksinya tersebut. “Saya tidak tahun kemana dia pergi. Kalau mencurinya, saya menggunakan kunci T dan yang mengajari adalah teman saya itu,” pungkasnya. (big/aim)