Kasus Lukito Mulai Disidangkan Secara Tertutup

JPU Juni Ratnasari SH

KEPANJEN – Sidang perdana kasus dugaan perzinahan yang melibatkan anggota DPRD Kabupaten Malang, Lukito Eko Purwandono berlangsung tertutup di PN Kepanjen, kemarin. Agenda sidang membacakan dakwaan yang dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepanjen, Juni Ratnasari SH.
Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Sri Haryani SH didampingi dua Hakim Anggota, Arif Karyadi SH dan Ratna Mutia Rianti SH Mhum. Proses sidang tersebut, dihelat di ruang sidang utama Garuda PN Kepanjen. Sidang berjalan sangat singkat, yakni hanya berlangsung selama 10 menit.
“Karena dari pihak terdakwa dan kuasa hukumnya tidak mengajukan eksepsi maupun keberatan, maka hanya dilakukan pembacaan dakwaan. Sehingga, sidang berlangsung dengan singkat,” ujar JPU Juni Ratnasari, kepada Malang Post, kemarin.
Dijelaskannya, terdakwa dijerat dengan pasal 284 KUHP tentang perzinahan yang ancaman hukumannya maksimal sembilan bulan kurungan penjara. Hal itu, sesuai dengan pasal yang dijerat oleh penyidik Satreskrim Polres Malang. Dalam kesempatan itu juga, disidangkan kasus dari Itje Permatasari yang diselingkuhi oleh Lukito.
“Usai sidang Lukito, lalu dilanjutkan dengan sidang Itje Permatasari. Lantaran kedua berkas ini berbeda,” terang wanita berjilbab ini. Menurutnya, kasus ini bermula laporan dari suami Itje Permatasari, yakni pengusaha Sukma Raharja. Meski demikian, Itje Permatasari harus juga diproses hukumnya dan disidangkan.
“Untuk kasus asusila dan kasus anak di bawah umur, sesuai aturan harus digelar tertutup,” urainya.
Sedangkan sidang lanjutan bakal digelar pada Kamis pekan depan, dengan agenda mendengarkan keterangan saksi. Keterangan saksi yang akan dihadirkan nantinya, kata dia, sesuai yang ada di dalam berkas. Kedua terdakwa baik itu Eko Purwandono dan Itje Permatsari, sama-sama hadir dalam persidangan tersebut.
Sekadar diketahui, kasus ini mecuat akhir tahun 2014 lalu. Anggota DPRD Kabupaten Malang, dari fraksi NasDem ini, dilaporkan berselingkuh dengan istri pengusaha Sukma Rahahrja Itje Permatasari. (big/aim)