Kuli Batu Nyambi Jualan Shabu

TAK BERKUTIK I: Kasubbag Humas AKP Nunung Anggraeni menunjukan tersangka dan barang bukti dalam gelar kasus, kemarin.


MALANG - Polres Malang Kota semakin garang dalam mengungkap kasus peredaran narkoba di Kota Malang. Sat Narkoba Polres Malang Kota Rabu (3/6/15) dini hari lalu kembali menangkap seorang pengedar narkoba di Jl Kemantren Gg III Sukun, Kota Malang saat akan pulang ke rumahnya di Jl Kolonel Sugiono, Sukun, Kota Malang sekitar pukul 00.30 WIB.
Tersangka adalah Samsul Arifin kuli batu (32), warga Jl Kolonel Sugiono, Sukun, Kota Malang. Dari hasil penyelidikan, Samsul diketahui merupakan seorang pengedar shabu. Saat digeledah rumahnya, benar saja, ia kedapatan polisi menyimpan narkoba jenis shabu sebanyak 14 plastik seberat 4,38 gram. Shabu tersebut, baru dia beli dari temannya yang berinisial SF Selasa (2/6/15) sore, pukul 16.00 WIB di sekitar Purwosari, Kabupaten Malang. 
Pria yang kesehariannya bekerja sebagai kuli batu ini, menyimpan barang terlarang itu di sebuah tempat kaleng permen yang dia taruh di saku celana bagian depan sebelah kanan.
"Tersangka mendapatkan sabu-sabu tersebut seharga Rp 200 ribu. SF sekarang masih DPO (Daftar Pencarian Orang)," ujar Kasubbag Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni dalam gelar kasus, kemarin (5/6/15). Ditambahkan, dari hasil pemeriksaan lebih lanjut, Samsul mengakui sudah berhubungan dengan SF tiga kali. Dia telah berhasil menjual shabu-shabu kepada para pembelinya.
Rencananya, barang terlarang itu akan dijual kembali seharga Rp 225 ribu. Setiap transaksi, Samsul mengambil keuntungan Rp 25 ribu. Motif Samsul melakukan kejahatan ini, dikatakan Nunung, karena tersangka harus menghidupi kelima anaknya yang masih kecil-kecil itu. Saat ini, polisi masih terus melakukan pengembangan kasus.
Lantaran perbuatannya, Samsul dijerat pasal 112 UU No. 35 tahun 2009 dengan ancaman kurungan maksimal 20 tahun penjara. Selain menyita shabu milik tersangka, polisi juga menyita barang bukti berupa satu kotak bekas permen dan satu unit HP yang digunakan untuk bertransaksi dengan SF. "Polres Malang Kota akan terus memerangi para pengedar narkoba di Kota Malang yang sering meresahkan warga," pungkas Nunung. (erz/nug)