Pembobol Rumah Warga Ngelak Ditangkap

Dua pelaku curanmor yang diamankan petugas Polres Malang

MALANG – Pelaku pembobolan rumah Jasemi, 45 tahun, warga Lingkungan Ngelak, Kelurahan/Kecamatan Dampit, pada 9 Maret lalu, berhasil diungkap Sarteskrim Polres Malang. Pelakunya tiga orang, dua diantaranya berhasil ditangkap, sedangkan satu pelaku masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).
Kedua tersangkanya Darmo, 42 tahun, warga Dusun Tlogosari, Desa Tosari, Kabupaten Pasuruan. Dan Sumari alias Kecruk, 40 tahun, warga Dusun Sumberkotes, Lingkungan Ngelak, Kelurahan/Kecamatan Dampit. Satu pelaku yang masih buron berinisial TD, warga Pasuruan.
“Mereka berdua ini, kami tangkap secara terpisah. Pertama yang kami tangkap Sumari alias Kecruk, lalu mengembang ke tersangka Darmo. Untuk satu pelaku lain, masih kami buru,” ujar Kasatreskrim Polres Malang, AKP Wahyu Hidayat.
Menurutnya, penangkapan mereka berdua berdasarkan laporan korban, yang selanjutnya dilakukan penyelidikan. Hasil penyelidikan diketahui bahwa pelaku pembobolan mereka berdua. Barang bukti yang diamankan dari mereka, satu buah kunci T, sepeda motor Honda Revo N 4684 DE milik korban, serta Honda Vario yang dijadikan sarana beraksi.
Aksi pencurian yang dilakukan mereka ini, terjadi sekitar pukul 07.30. Saat kejadian rumah dalam kondisi kosong. Korban sedang pergi ke sawah untuk bekerja. Saat ditinggal pergi itulah, ketiga pelaku yang sudah merencanakan ini langsung beraksi.
Sumari alias Kecruk, yang bertugas menggambar rumah berjaga agak jauh dari rumah korban. Kedua pelaku yaitu Darmo dan TD, masuk ke dalam rumah dengan mencongkel gembok pintu belakang. Setelah masuk mereka lalu menjarah barang berharga korban. Selain sepeda motor, beberapa perhiasan emas, seperti gelang, cincin dan kalung juga ikut digondol.
Dari pencurian itu, Sumari mengaku mendapat bagian uang Rp 200 ribu. Begitu juga dengan Darmo, ia mendapat bagian Rp 200 ribu serta sepeda motor. Sedangkan semua perhiasan dibawa oleh TD, yang masih buron. “Saya baru sekali ini mencuri, itupun karena Darmo dan TD ngotot minta dicarikan rumah yang bisa digarong,” tutur tersangka Sumari.(agp/aim)