Sepeda Motor Dapat Diambil Gratis

KEPANJEN – Ratusan sepeda motor diduga hasil kejahatan yang diamankan dari Wajak dan Dampit, bisa diambil masyarakat di Polres Malang, mulai Kamis (18/6) besok. Syaratnya, dengan menunjukan bukti kepemilikikan berupa STKN dan BPKB. Selain itu, pengambilannya tanpa dipungut biaya sepeserpun.
“Bila BPKB sepeda motor milik masyarakat itu masih dijaminkan, maka harus dapat surat keterangan dari leasing tersebut,” ujar Kasat Reskrim Polres Malang, AKP Wahyu Hidayat, kepada Malang Post kemarin.
Dijelaskannya, surat keterangan yang dimaksud, yakni yang menyatakan bahwa tidak ada masalah terkait angsuran dan pembiayaan.
Selain itu, masyarakat harus bisa menunjukan STNK dan laporan surat kehilangan dari kepolisian. Berbekal dari surat laporan itu, nantinya akan dicek fisiknya. Yakni mencocokan plat nomor, merek sepeda motor, mencocokan nomor rangka dan nomor mesin. Bila terdapat persyaratan itu sudah dipenuhi, maka sepeda motor dapat diambil.
“Tidak ada biaya pengambilan. Namun, jika surat kepemilikan sudah dilengkapi dan diverifikasi. Mulai hari Kamis (18/6) sehari setelah rilis, masyarakat bisa mulai mengambilnya,” terang Perwira Pertama (Pama) dengan tiga balok di pundaknya ini. Sejak kemarin, masyarakat sudah berbondong-bondong melakukan pengecekan. Menurutnya, Polres Malang mempersilahkan masyarakat yang merasa kehilangan sepeda motor, untuk melakukan pengecekan di Mapolres Malang. Di tempat itu pula, kata dia, pihaknya sudah menempelkan list sepeda motor yang diamankan tersebut. list itu terdiri dari plat nomor, merek sepeda motor, nomor rangka dan nomor mesin.
“Hal itu, untuk mempermudahkan masyarakat mencari sepeda motornya yang hilang tersebut,” kata mantan Kasat Reskrim Polres Tuban ini.
Lanjut dia, dari data yang ada sebanyak 43 unit sepeda motr milik leasing. Pihaknya hingga saat ini, masih terus mengecek kelengkapan fisik dari ratusan motor yang disita tersebut.
Lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan penyelidikan dan pengembangan terkait kasus ini. Seperti diberitakan sebelumnya, kepolisian menyita sepeda motor diduga hasil kejahatan dari dua tempat, pada Sabtu (13/6) lalu.
Di Kecamatan Dampit, kepolisian berhasil meyita 86 sepeda motor. Tepatnya berada di Jalan Semeru Selatan, Kelurahan/Kecamatan Dampit. Dari tempat itu, petugas berhasil menangkap tiga pelaku dan ditetapkan sebagai tersangka, berinisial WT. Sedangkan di Kampung Tengah Jalan Semeru, Desa/Kecamatan Wajak, mengamankan 218 sepeda motor. Di tempat itu, pria berinisial DD ditetapkan sebagai tersangka.(big/ary)