Jaringan Narkoba Kasmoro Prigen Dibekuk

MALANG POST - Tiga pengedar sabu yang selama ini beroperasi di wilayah Pasuruan dibekuk. Dari pengedar yang selama ini dikenal sebagai jaringan Kasmoro Prigen ini, polisi berhasil mengamankan 8 gram sabu dan uang tunai Rp 5 juta. "Jaringan Kasmoro ini sudah kita kuntit selama 6 bulan. Mereka beroperasi di wilayah Pasuruan Kota dan Kabupaten," kata Kapolres Pasuruan AKBP Yong Ferrydjon, di Mapolres Pasuruan Kota, Rabu (1/7/2015).
Yong menjelaskan penangkapan tiga tersangka berawal dari dibekuknya M Soleh (24), warga Desa Sekarmojo Kecamatan Purwosari di warung bakso  Pasar Kebonagung Kota Pasuruan. Saat dibekuk polisi amankan dua paket sabu masing-masing seberat 1 gram dan 0,3 gram. "Dari tersangka Soleh kemudian kita lakukan pengembangan. Hasilnya, ternyata Soleh memperoleh sabu dari Slamet, warga Prigen," jelas Yong.
Polisi kemudian membekuk Slamet (29) di rumahnya di Desa Jatiarjo Kecamatan Prigen. Namun polisi tak berhenti dan terus mengejar dari mana ia mendapatkan serbuk haram dan muncul nama Karmoro (32), warga Desa Jatiarjo. Dari Kasmoro ini sabu-sabu itu diperoleh.
Kasat Narkoba, AKP ML Tadu menyebut, penangkapan Kasmoro ini menyita banyak energi aparat. Anggotanya harus melakukan pengejaran hingga masuk ke dalam hutan untuk membekuk pria yang punya pekerjaan sehari-hari sebagai penggergaji kayu tersebut. "Dia menguasai medan hutan jadi kita sempat kesulitan. Namun setelah kejar-kejaran, kita berhasil mengepungnya," jelasnya.
Dari Kasmoro ini disita 8 gram sabu dan uang tunai Rp 5 juta rupiah beserta bukti-bukti transaksi rekening bank. Diduga, Kasmoro selama ini mengirimkan uang ke rekening tersebut sebagai pembayaran. "5 Lembar bukti setoran BCA. atas nama Arifin. Kita masih kembangkan kasus ini ke nama tersebut," jelasnya.
Selain tiga anggota jaringan ini, sepekan terakhir polisi juga berhasil mengamankan tiga budak sabu lainnya. Total barang bukti dari enam tersangka tersebut sabu seberat 1e gram. "Mereka jaringan lain. Kita masih pengembangan," pungkas Tadu. (jpnn/udi)