Butuh Uang Lebaran, Garong Rumah

Dua tersangka pelaku pencurian yang diamankan Polres Malang.

MALANG – Aksi dua pencuri spesialis garong rumah asal Gondanglegi, Selasa kemarin, terhenti sudah. Keduanya ditangkap setelah beberapa kali melakukan aksi di wilayah Kabupaten Malang. Mereka diringkus di rumahnya masing-masing.
Kedua tersangka Duriat, 42 tahun, warga Desa Ganjaran, Kecamatan Gondanglegi. Dan Mulyadi alias Ulum, 40 tahun, warga asal Gondanglegi, yang tinggal di Desa Sambigede, Kecamatan Sumberpucung.
Selain menangkap keduanya, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti berupa tiga kunci T, beberapa linggis untuk mencongkel, sebuah HP Samsung Galaxi Tab, satu STNK motor serta sebilah pedang dengan panjang satu meter. "Barang bukti tersebut, kami amankan di rumah kedua tersangka tersebut," ujar Kasatreskrim Polres Malang, AKP Wahyu Hidayat.
Mantan Kasatreskrim Polres Tuban ini mengatakan, mereka ini beraksi di wilayah Kecamatan Kromengan dengan mencuri dua ekor burung, Samsung Galaxi Tab serta tabung LPG ukuran 3 kilogram. Sedangkan di wilayah Kecamatan Gondanglegi, mencuri sepeda motor di dalam rumah. "Mereka juga mencuri motor di wilayah Turen, ketika oleh korban ditinggal tidur di masjid," tutur Wahyu.
Modus operandi yang dilakukan tersangka ini, dengan cara keliling mencari sasaran. Begitu mendapatkan incaran mereka lalu beraksi. Caranya dengan mencongkel pintu dan jendela rumah korban.
"Untuk sementara ini, baru tiga lokasi pencurian yang diakui. Namun kami masih tetap akan mengembangkan kasusnya, karena ada dugaan mereka juga pelaku perampokan. Barang bukti yang kami amankan mendukung kalau mereka juga pelaku perampokan. Hanya saja keduanya masih bungkam dan belum mengakuinya," paparnya sembari mengatakan pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman 7 tahun penjara.
Sementara itu, dalam pemeriksaan keduanya mengaku mencuri karena kepepet butuh uang. Barang-barang hasil curian, sedianya akan dijual dan uangnya untuk kebutuhan lebaran. Namun belum sempat terjual, mereka sudah ditangkap. "Rencananya untuk kebutuhan saat lebaran nanti," kata kedua tersangka.(agp/aim)