Lukito - Itje Dituntut Enam Bulan

MALANG – Sidang lanjutan dugaan perselingkuhan yang dilakukan anggota DPRD Kabupaten Malang, Lukito Eko Purwandono, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen. Sidang lanjutan Kamis kemarin, agendanya pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kepanjen.
Lukito, politisi Partai Nasdem tersebut, dituntut hukuman selama enam bulan penjara, dalam kasus perzinahan. Sedangkan Itje Trisnawati, selingkuhannya yang merupakan istri pelapor H Sukma Raharja dituntut enam bulan dengan masa percobaan selama sembilan bulan.
“Untuk Lukito tuntutan enam bulan penjara, dari dakwaan hukuman selama sembilan bulan. Kami minta Lukito untuk menjalani hukuman. Sedangkan Itje, dalam masa percobaan sembilan bulan. Jika selama itu melakukan tindak kejahatan, dia akan langsung ditahan,” terang JPU, Juni Ratnasari SH.
Menurut Juni, tuntutan hukuman selama enam bulan kepada Lukito, atas beberapa pertimbangan. Karena selama dalam persidangan, Sekretaris Komisi B tersebut tidak mengakui perbuatannya. Padahal saksi-saksi yang dihadirkan dalam persidangan, termasuk saksi Itje membenarkan adanya hubungan perzinahan. Terlebih juga sudah ada bukti prin out dari Hotel Surya Prigen, tempat mereka menginap.
“Saksi Agung, sopirnya mengatakan  bahwa ke Hotel Surya itu berangkat bertiga. Namun Lukito tidak mengakuinya. Di hotel tersebut, sopirnya diberi jatah kamar anggota dewan. Sedangkan Lukito membooking kamar lain atas nama sopirnya,” tutur Juni.
Atas tuntutan yang dibacakan JPU tersebut, Lukito mengatakan akan mengajukan eksepsi. Ia tetap tidak mengakui perbuatan perzinahan dengn Itje. “Saya akan mengajukan eksepsi. Waktuny nanti setelah lebaran,” kata Lukito, ketika keluar dari ruang sidang sembari bergegas pergi.
Sementara itu, untuk kasus perzinahan dengan terdakwa Itje Trisnawati, akan dilanjutkan pada Senin depan. Agendanya adalah putusan, karena yang bersangkutan mengakui semua perbuatannya, dan menerima tuntutan JPU.(agp/aim)