Kangen Keluarga, DPO Enam Tahun Diringkus

MALANG -  Tim Buser Polres Malang, akhir pekan lalu berhasil meringkus dua pelaku pencuri sepeda motor. Mereka ditangkap setelah hampir enam tahun ini namanya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).
Keduanya adalah Jumai, 32 tahun, warga Dusun Purwodadi, Desa Bumirejo, Kecamatan Dampit dan Maryadi alias Nodeng, 42 tahun, warga Dusun Banjar Patoman, Desa Amadanom, Kecamatan Dampit. “Mereka ini kami amankan di rumahnya masing-masing, setelah mendapat informasi kepulangannya,” ujar Kasatreskrim Polres Malang, AKP Wahyu Hidayat.
Menurut Wahyu, aksi pencurian yang dilakukan keduanya ini, terjadi pada tahun 2009 lalu. Mereka beraksi mencuri sepeda motor milik warga Kecamatan Dampit. Modusnya, mereka masuk ke dalam rumah dengan mencongkel jendela. Setelah berada di dalam, mereka ini langsung mengambil sepeda motor.
Korbannya baru mengetahui kalau rumahnya disatroni pencuri pagi harinya ketika bangun tidur. Melihat motornya sudah tidak ada dan yakin kalau rumahnya baru saja digarong, korban langsung melaporkan ke polisi.
“Pelakunya saat itu ada empat orang. Seorang pelaku sudah kami amankan lebih dulu, sekitar 2012 lalu. Temannya sudah menjalani hukuman di LP Lowokwaru,” tutur mantan Kasatreskrim Polres Tuban ini.
Sementara itu, dalam pemeriksaan kedua tersangka ini, mengaku kabur ke luar Jawa. Mereka kabur setelah mengetahui dua temannya tertangkap. Keduanya pulang ke rumah karena kangen dengan keluarga dan ingin merayakan lebaran bersama keluarganya.
“Pengakuan mereka hanya sekali itu saja mencuri. Namun kami tetap akan mengembangkan kasusnya, karena kuat dugaan mereka tidak hanya sekali beraksi mencuri,” tegasnya.(agp/aim)