SPBU Ngebruk Nyaris Ludes

Kondisi mobil Suzuki Carry yang ludes terbakar diamankan di Mapolsek Sumberpucung.

Suzuki Carry Terbakar Saat Isi Bensin
MALANG – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Mbodo, di Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung, dini hari kemarin nyaris saja terbakar. Penyebabnya sebuah mobil Suzuki Carry N 1948 DO, tiba-tiba terbakar saat mengisi bensin.
Untungnya, petugas SPBU dan warga sekitar yang mengetahui cepat tanggap. Mereka langsung mendorong mobil menjauh dari mesin pengisian BBM. Sebab api yang membakar badan mobil keluaran tahun 1994 tersebut langsung cepat membesar.
Selain SPBU Mbodo yang selamat dari kebakaran, peristiwa tersebut juga tidak sampai ada korban jiwa. Sutomo, warga Dusun Temu, Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, pengemudi sekaligus pemilik mobil selamat. Begitu juga dengan lima orang anggota keluarganya yang semula berada di dalam mobil.
Hanya beberapa barang berharga termasuk mobil yang ludes terbakar. Usai padam, bangkai mobil tersebut langsung diamankan di Mapolsek Sumberpucung. “Dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut, karena konsleting listrik, yang kemudian menyambar tangki bensin,” ujar Kapolsek Sumberpucung, AKP Sri Widyaningsih.
Peristiwa yang sempat menggegerkan warga ini, terjadi sekitar pukul 00.30. Dini hari itu, Sutomo bersama dengan keluarganya dalam perjalanan pulang. Mereka baru saja silaturrahmi ke rumah saudaranya di Ponorogo.
Ketika melintas di Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung, Sutomo membelokkan mobil ke SPBU Mbodo. Tujuannya untuk mengisi BBM, sebelum melanjutkan perjalanan. Usai mengisi BBM, Sutomo lalu mencoba menghidupkan mesin mobil.
Baru sekali stater, tiba-tiba muncul api di jok depan yang langsung menyambar tangki bensin. Melihat ada percikan api, Sutomo lalu bergegas keluar. Ia juga meminta keluarganya untuk turun dari mobil.
Sementara petugas SPBU dan warga lain yang mengetahui, langsung mendorong mobil menjauh dari mesin SPBU. Tak lama kemudian api langsung membesar. Dibantu warga sekitar, korban berusaha memadamkan api dengan air seadanya. Namun api tetap saja membesar.
Akhirnya warga menghubungi petugas Polsek Sumberpucung dan pemadam kebakaran. Tak lama berselang, empat unit mobil PMK datang untuk memadamkan. Namun kondisi mobil sudah hangus ludes terbakar. “Penyebabnya apa saya tidak tahu. Karena tiba-tiba muncul api di bawah jok depan,” tutur Sutomo, kepada petugas saat dimintai keterangan.
Sementara itu, kebakaran siang kemarin juga terjadi di Desa Mendalan Wangi, Kecamatan Wagir. Lahan tebu milik warga yang dekat degan perkampungan warga terbakar. Beruntung, kobaran api yang ada di tengah lahan tidak membesar. Apipun dengan cepat bisa diatasi sehingga tidak sempai merambat ke lahan tebu lain dan perumahan warga.
“Kebakarannya tidak terlalu besar. Titik api posisinya berada di tengah lahan tebu. Namun api sudah padam dan kami hanya mengantisipasi supaya tidak merambat ke rumah warga,” kata Setyo Adi Prastowo, salah satu petugas PMK Kabupaten Malang.(agp/feb)