Ditinggal Mudik, Toko Variasi Ludes

Ruko tempat berjualan variasi mobil ludes terbakar diberikan garis polisi

Tak Ada Korban Jiwa, Kerugian Rp 600 Juta
KARANGPLOSO – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Malang. Kali ini, kebakaran terjadi di Ruko Kepuharjo, Kecamatan Karangploso dini hari kemarin. Sebuah ruko yang menjual aneka macam variasi mobil, ludes terbakar dan mengakibatkan pemilik ruko rugi lebih Rp 600 juta.
Kerugian tersebut memang tidak menimbulkan korban jiwa. Tetapi aneka macam variasi yang berada di dalam ruko tersebut ludes terbakar.
Informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran terjadi pada sekitar pukul 01.30 WIB. Saat itu ruko dalam keadaan kosong tanpa penghuni, lantaran pemiliknya sedang pulang ke keampung halaman berlebaran.
“Api diketahui berasal dari lantai dua ruko tersebut,” ujar Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang, Nurul Kusnaeni, kepada Malang Post, kemarin.
Dia melanjutkan, kobaran api semakin membesar. Kobaran api kemudian diketahui salah seorang satpam. Satpam tersebut melaporkannya ke Polsek Karangploso. Kemudian, petugas kepolisian meneruskan laporan tersebut, ke UPTD Damkar Kabupaten Malang.
“Setelah menerima laporan itu, kami langsung mengirimkan tiga unit mobil Damkar ke lokasi kejadian,” imbuhnya.
Dia menambahkan, setelah sampai di lokasi kejadian, petugas belum bisa melakukan penanganan. Lantaran lsitrik yang ada di dalam rko itu masih menyala. Pihaknya terlebih dahulu menunggu petugas PLN untuk mematikan listrik. Listrik dimatikan sekitar pukul 02.30 WIB.
Petugas Damkar Kabupaten Malang, langsung berupaya memadamkan api. “Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 05.30 WIB. Api sulit dipadamkan, lantaran banyaknya variasi mobil terbuat dari plastik dan onderdi yang mudah terbakar,” tegasnya.
Dugaan sementara, api berasal dari korsleting lsitrik. “Kami mengimbau kepada masyarakat, supaya tidak meninggalkan rumah dalam keadaan listrik menyala. Lantaran itu bisa berbahaya dan berpotensi menyebabkan kebakaran,” pungkasnya. (big/feb)