Curi Pohon Mahoni Ditangkap

MALANG– Sakiyus, 45 tahun, sejak pagi kemarin berurusan dengan petugas Polsek Sumbermanjing Wetan. Warga Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan ini, ditangkap lalu ditahan setelah tepergok mencuri kayu hutan jenis Mahoni.
Barang bukti yang diamankan darinya, adalah sembilan batang pohon jenis Mahoni ukuran satu meter, gergaji mesin serta satu unit sepeda motor Honda Revo N 4650 E yang dijadikan sarana untuk mencuri.
“Tersangka dan barang bukti sekarang kami amankan di Mapolsek Sumbermanjing Wetan. Kami masih mengembangkan kasusnya, karena ada dugaan tersangka lebih dari sekali mencuri,” ujar Kapolsek Sumbermanjing Wetan, AKP Timbul Wahono.
Diperoleh keterangan, pagi kemarin sekitar pukul 08.00, petugas Polsek Sumbermanjing Wetan bersama petugas Perhutani melakukan patroli di sekitar hutan KRPH Sumberagung, Desa Sitiarjo. Petugas melakukan patroli, karena mendapat laporan sering terjadi pencurian kayu hutan. Hampir setiap pekan, di lokasi hutan tersebut ada pohon yang dicuri.
Ketika sedang patroli itulah, petugas mendapati tersangka Sakiyus sedang memotong kayu hutan jenis mahoni, di petak 77 e. Sakiyus terlihat sedang memotong kayu mahoni menjadi tiga bagian dengan ukuran sekitar satu meter.
Melihat hal itu, petugas tidak langsung menangkapnya. Namun menunggu tersangka sampai selesai memotong. Begitu selesai, petugas langsung menangkapnya. Karena saat ditanya tidak menunjukkan surat kepemilikan, akhirnya bersama dengan barang bukti digelandang ke Mapolsek Sumbermanjing Wetan. Dalam keterangannya, tersangka mengaku baru sekali melakukan pencurian kayu jenis mahoni tersebut. Kayu tersebut diakui tidak untuk dijual, namun dipakai sendiri untuk dibuat kursi. (agp/udi)