Desak Polisi Segera Tangkap Pelaku

Hans Sialalahi

Perusakan Mobil Anak Ketua GM FKPPI Jatim
MALANG – Jajaran Polres Malang Kota harus bisa  segera menangkap oknum supporter pelaku perusakan mobil R.Billy Putranda Suryanto anak Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim Ir.R.Agoes Soerjanto di Jalan Mayjen Panjaitan (Betek),Selasa sore lalu.
Demikian ditegaskan Ketua Harian Pengurus Pusat FKPPI Hans Havlino Silalahi kepada Malang Post kemarin. ‘’Kami  minta polisi  cepat menuntaskan kasus ini. Jangan sampai lambat apalagi bisa mengakibatkan lari pokok masalah,’’serunya,disela konsolidasi dan halalbihalal keluarga besar FKPPI di Ijen Suites Resort dan Convention.
Tokoh pemuda ini menyatakan pelaku perusakan harus segera tertangkap sehingga dapat segera diketahui apa motif dibalik insiden ini.Termasuk apakah ada skenario  dari pihak tertentu  yang melatarbelakanginya.
‘’Kami menilai sebenarnya juga ada keanehan.Apalagi  mobil yang dikendarai berplat nopol N.Jadi tentu pelakunya tahu bahwa   mobil ini berarti dari Malang sendiri.Ataukah ada grand disain dibalik kejadian ini?   Agar jangan sampai terjadi fitnah,maka polisi harus bisa segera menuntaskan,’’ tandas Hans Silalahi.
Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat GM FKPPI ini menyatakan ada lambang organisasi yaitu stiker GM FKPPI di mobil Range Rover nopol N 138 N dikendarai R.Billy Putranda Suryanto yang dirusak tersebut.
‘’Apalagi  juga ada  lambang organisasi kami turut dirusak.Kami menuntut polisi segera mengungkap sekaligus menuntaskan insiden yang sangat kami sesalkan ini secara cepat. Polisi jangan sampai main-main dan kami setiap saat akan terus menerus memantau secara khusus  perkembangan insiden ini,’’ seru Hans Silalahi.
Polisi Bentuk Dua Tim Khusus
Polres Malang Kota memburu pelaku perusahan mobil Range Rover nopol N 138 B milik R.Billy Putranda Suryanto. Tidak sekadar mendatangi TKP dengan meminta keterangan para saksi, petugas juga mengumpulkan beberapa bukti rekaman video. Bukan itu saja, agar kasus ini cepat terungkap, anggota Polres Malang Kota juga mengumpulkan rekaman video CCTV yang ada di area TKP.
“Saat ini kami mencari kamera CCTV yang ada di area tersebut. Harapannya, dengan adanya gambar dari kamera CCTV itu kita bisa mengidentifikasi pelaku atau minimal nopol kendaraan,’’ kata Kasatreskrim Polres Malang Kota Adam Purbantoro.
Ditemui Malang Post di ruang kerjanya kemarin, Adam menyebutkan jika setelah mendapat informasi terkait perusakan mobil ini, pihaknya langsung bergerak cepat di TKP. Saat itu juga anggota melakukan olah TKP, dan memeriksa para saksi.
Bahkan, saat itu menurut Adam pihaknya juga berhasil mengumpulkan beberapa rekaman video dari warga. “Dari rekaman yang sudah kami amankan, tidak ada yang saat kejadian. Tapi warga merekam setelah kejadian. Hasil rekamannya juga pecah, karena resolusinya sangat kecil,’’ katanya.
Satu-satunya yang bisa membantu mengungkap kasus ini dikatakan oleh Adam adalah rekaman CCTV yang ada di TKP. “Makanya kami saat ini masih menyisik ke TKP. Harapannya, dengan adanya rekaman kamera CCTV ini semuanya bisa terlihat, dan pelaku pun dapat cepat terungkap,’’ urainya.
Dijelaskan pula oleh Adam, kasus perusakan mobil ini sendiri baru dilaporkan Rabu ( 12/8) malam lalu. Pelapor dalam kasus ini adalah pengemudi mobil, yaitu Rahmad. Sebagai pelapor, Rahmad pun langsung dimintai keterangan. Dia dimintai keterangan sebagai saksi pelapor. Dia menyebutkan untuk mengungkap kasus ini, pihaknya membentuk dua tim khusus.
Seperti yang diberitakan koran ini sebelumnya kemeriahan HUT ke-28 Arema dinodai insiden perusakan mobil R.Billy Putranda Suryanto yang merupakan putra Pembina Klub Arema dan Ketua PD XIII GM FKPPI Jawa Timur Ir.R.Agoes Soerjanto.
Saat itu,Billy  Putranda Suryanto bersama rekannya,Rahmad mengendarai mobil Range Rover nopol N 138 B hendak pangkas rambut di Jalan Mayjen Panjahitan (Betek). Spion mobil dan kaca mobil serta beberapa bagian mobil mengalami kerusakan. Beberapa warga yang mengetahui kejadian tersebut segera datang dan mencegah terjadinya insiden lebih parah. (ira/nug)