Polda Musnahkan 2 Kg Sabu-sabu

Barang bukti dan tersangka Ditreskoba dipamerkan sebelum dihanguskan di depan perwakilan Kejati dan Dinkes Jatim, kemarin.

SURABAYA – Progam pemusnahan narkoba dan obat terlarang, terus dilakukan Polda Jatim. Tidak tanggung-tanggung, kemarin siang, Ditreskoba Polda Jatim telah menghanguskan 2 kg sabu-sabu dan ratusan pil setan. ‘’Barang yang kita musnahkan sekarang didapat dari tersangka yang sama. Semuanya ada empat tersangka yaitu AS, MS, AW, AB dan BE,’’ ungkap Kombes Pol M Arief Pranoto, Karo Ops Polda Jatim di Mapolda Jatim, kemarin.
Proses yang dilakukan secara terbuka itu antara lain memusnahkan sabu-sabu seberat 2 kg, extasi sebanyak 348 butir, ganja 140 gram, heroin 2 poket, carnopen 1.254.060 butir. Hadir dalam acara ini antara lain pihak Kejaksaan Tinggi Jatim dan Dinas Kesehatan Jatim.
Dikatakan Arief, penangkapan para tersangka terjadi pada 7 Mei 2015, pukul 13.00 WIB di Jl. Petemon Barat 127 Surabaya. Penangkapan bisa berjalan lancar karena petugas menggunakan metode under cover buy. Seluruh tersangka akan dijerat dengan pasal 196 dan 198 UU RI No 36 tahun 2009 tentang kesehatan dan pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukuman yang diberikan 12 tahun dan denda Rp 8 miliar.
‘’Dengan pemusnahan ini bukti kita akan terus perang melawan peredaran narkotika. Meski begitu masyarakat kita minta aktif berperan serta. Jangan dibebankan Polri, Bea Cukai dan kejaksaan saja,’’ pungkasnya. (has)