Bus Tabrak Truk, Tiga Penumpang Terlempar Keluar

MALANG POST - Kecelakaan beruntun melibatkan tiga kendaraan terjadi di By Pass Mojokerto. Tiga penumpang bus dan seorang pemotor mengalami luka berat. Saksi mata yang juga warga Desa Balongmojo, Supadi (37) mengatakan, kecelakaan beruntun itu melibatkan Bus Rosalia Indah, truk tronton, dan motor.
Truk tronton bernopol S 9860 UQ yang mengangkut sirtu ditabrak dari belakang oleh Bus Rosalia Indah bernopol AD 1527 AU yang melaju dari arah Jombang menuju ke Surabaya tepat di depan proyek pembangunan gudang milik PT Gudang Garam di Desa Balongmojo."Truk dan bus melaju beriringan dari arah Jombang. Truk tronton mau bongkar muatan sirtu ke dalam gudang yang sedang dibangun. Saat mau masuk ke gudang, ditabrak dari belakang oleh Bus Rosalia Indah yang melaju di belakangnya," kata Supadi di lokasi kecelakaan, Sabtu (22/8/2015).
Menurut Supadi, diduga sopir Bus Rosalia Indah, Heri (45) warga Jombang, tak menyadari truk tronton di depannya mengurangi kecepatan saat akan masuk ke lokasi proyek. Dekatnya jarak antara kedua kendaraan itu membuat upaya sopir Rosalia Indah menghindari benturan tak membuahkan hasil.
Bodi depan sisi kiri bus pun menghantam bak bagian belakang sisi kanan truk tronton. Akibat benturan itu, truk tronton terguling menumpahkan muatan sirtu tepat di pintu masuk proyek gudang. Sedangkan bodi depan sisi kiri Rosalia ringsek, kaca depan bus juga pecah berantakan. "Tiga orang penumpang Bus Rosalia terlempar keluar dari kaca depan yang pecah, mereka terluka cukup parah," ungkap Supadi.
Kecelakaan itu, lanjut Supadi, ternyata juga melibatkan seorang pengendara motor Honda Beat bernopol S 4478 NY. Pemotor itu menabrak bagian belakang Bus Rosalia yang berhenti mendadak setelah menabrak truk tronton.
Kanit Laka Sat Lantas Polres Mojokerto Ipda Nur Rosyid mengatakan, akibat kecelakaan beruntun itu, 4 orang mengalami luka berat. Tiga korban luka berat merupakan penumpang Bus Rosalia Indah atas nama Dede Hidayat (29), warga Cigintung, Pandeglang, Banten, serta Suheti (59) dan Bai Fadliyah warga Desa Sumurbandung, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak Banten. Sedangkan seorang korban lainnya merupakan pemotor atas nama Iwan Prianto (36), warga Desa Wonorejo, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. "Korban mengalami luka berat sudah kami evakuasi ke RSI Sakinah untuk menjalani perawatan intensif," kata Rosyid.
Proses evakuasi Bus Rosalia Indah dan truk tronton membuat arus lalu lintas dari arah Jombang dialihkan sementara ke arah Jampirogo masuk Kota Mojokerto. Bangkai bus telah diderek ke kantor Polsek Sooko. Sementara proses evakuasi truk tronton yang terguling masih berlangsung. Sopir bus dan truk yang selamat saat ini menjalani pemeriksaan di Polres Mojokerto. (dtc/udi)