Pelaku Spesialis Indomaret

MALANG – Anggota reskrim Polres Malang memastikan pelaku perampokan di Indomaret Jalan BS Riadi, Kota Malang Selasa (8/9) pagi lalu, sama dengan pelaku perampokan Indomaret di Jalan Trunojoyo, serta perampokan di Indomaret Jalan Bendungan Sutami, Kota Malang, beberapa bulan lalu. Kepastian itu diperoleh dari rekaman CCTV yang diamankan petugas.
“Dari rekaman yang sudah kami amankan dan pelajari ada kemiripan pada postur tubuh, dan cara tersangka melakukan aksinya,’’ kata Kasatreskrim Polres Malang Kota AKP Adam Purbantoro kemarin.
Kepada Malang Post, pria yang ditemui disela-sela kegiatan tasyakuran HUT ke 67 Polwan di Rupatama,  Polres Malang Kota ini mengatakan, memang alat yang digunakan pelaku melakukan aksi berbeda. Perampokan di Indomaret Jalan Trunojoyo dan Jalan Bendungan Sutami pelaku menggunakan senjata alat kejut listrik untuk melumpuhkan pegawai, sedangkan di Indomaret Jalan BS Riadi pelaku menggunakan pisau.
“Alat yang digunakan memang berbeda. Tapi postur tubuhnya sama, dan masker serta jaket yang digunakan sama. Cara pelaku saat beraksi pun tidak berbeda dengan pencurian yang sudah dilakukan. Dan itu terlihat pada rekaman CCTV,’’ tambahnya. Dengan kesamaan inilah, Adam pun mengatakan jika identitas pelaku pun sudah dikantongi.
“Identitas pelaku memang sudah dikantongi. Hanya saja keberadaannya masih kita cari,’’ katanya.
Terkait dengan pengejaran pelaku ini, Adam mengatakan pihaknya membentuk dua tim. Dua tim ini bekerja di dua wilayah berbeda. Satu tim fokus di wilayah Kabupaten Malang sedangkan satu tim lagi melakukan penyelidikan di Kota Malang.
“Saat ini anggota masih ada di lapangan. Ya didoakan saja, semuanya berjalan lancar, dan pelaku bisa diungkap secepatnya,’’ tandasnya.
Seperti yang diberitakan koran ini sebelumnya, seorang perampok, menyatroni Indomaret Jalan BS Riadi. Pelaku membawa pisau, menodong dua penjaga di pertokoan yang tidak jauh dari Pos Polisi Jalan Bandung ini. Dan berhasil menggasak uang Rp 20 juta yang ada di brankas pertokoan tersebut. Kasus ini, kemarin langsung dilaporkan ke Polres Malang Kota.
Informasi yang berhasil dihimpun, perampokan ini terjadi pukul 04.30. Awalnya, di pertokoan itu dijaga oleh dua pegawai, yaitu Aris dan Agus.  Saat itu Aris berada di gudang, sedangkan Agus menata barang di rak.  Kondisi lengang inilah pelaku masuk, berpura-pura untuk membeli pulsa.(ira/ary)