Gelapkan Uang Rp 40 Juta, Warga Celaket Diringkus

Yosi Wijaya tersangka penipuan dan penggelapan yang diamankan petugas

MALANG – Yosi Wijaya, 34 tahun, warga Jalan Jagung Suprapto (Celaket) Gg I, Kota Malang, harus berurusan dengan anggota reskrim Polres Malang Kota. Peternak hewan ini ditangkap petugas Minggu (6/9) lalu di rumahnya,  dengan tuduhan menggelapkan uang milik Sulkan, 35 tahun, warga Jalan Ngantang, Klojen.
Informasi  dihimpun menyebutkan kasus penggelapan uang  terjadi pada bulan  Oktober 2014 lalu. Awalnya Yosi mendatangi Sulkan di rumahnya. Saat itu Yosi mengajak Sulkan berbisnis bisnis hewan kurban.
Sulkan sama sekali tidak curiga. Bahkan dia sangat tertarik dengan ajakan tersebut. Terbukti, tidak lama Sulkan, pun memberikan uang Rp 40 juta kepada Yosi. Uang tersebut digunakan untuk membeli empat ekor sapi. “Korban kenal tersangka karena keduanya sama-sama jamaah salah satu masjid di Jalan Ngantang.,’’ terang Kasubag Humas Polres Malang Kota AKP Nunung Anggraeni, kemarin.
Korban juga percaya kepada Yosi, karena tahun sebelumnya pernah menyetorkan uang Rp 13. 5 juta, untuk sekor sapi.Tapi begitu, bukannya Yosi menggunakan uang investasi itu untuk membeli sapi sesuai dengan janjinya. Tapi sebaliknya, ia menggunakan uang tersebut untuk kepentingan pribadi.
Perkara baru muncul setelah beberapa bulan kemudian. Sulkan menanyakan sapinya kepada Yosi. Awalnya Yosi mengatakan jika kondisi empat sapi milik Sulkan sehat dan dititipkan kepada temannya. Bahkan, untuk meyakinkan, Yosi juga mengirim gambar sapi milik orang lain kepada  Sulkan.
Tapi begitu, Sulkan curiga, karena saat ditanya tempat perawatan sapi, Yosi selalu menghindar. Dia kian curiga, karena Yosi menghilang. Sehingga Sulkan pun memilih melaporkan kasus ini ke Polres  Malang Kota.
“Dasar dari laporan tersebut, anggota melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan itulah, kemudian diketahui jika tersangka ini tidak menginvestasikan uang untuk membeli sapi, tapi menggunakan sendiri uang tersebut,’’ kata Nunung yang menyebutkan dalam perkara ini, juga diamankan satu lembar kuitansi pembayaran uang Rp 40 juta dari Sulkan kepada Yosi. (ira/nug)