Mahasiswa Sastra Inggris Tipu Teman

MALANG – Gara-gara uang, orang bisa gelap mata. Halnya dengan yang dilakukan Suci Rahmadayanti, 20 tahun, mahasiswi jurusan Sastra Inggris, salah satu PTS di Malang. Ia nekat melakukan penipuan kepada delapan orang temannya, hingga meraup keuntungan sekitar Rp 20 juta.
Namun berapapun hasil yang didapatkannya, begitu aksinya terbongkar Suci harus berurusan dengan polisi. Warga asli Samarinda, Kalimantan Timur ini, ditangkap petugas Polsek Dau, setelah mendapat laporan dari salah satu korban. Selanjutnya setelah menjalani pemeriksaan, Suci langsung dilimpahkan ke UPPA Polres Malang.
“Saat ini baru satu korban yang melapor. Kami masih menunggu korban lainnya melapor. Karena dari pengakuan tersangka, ada delapan orang yang telah menjadi korbannya,” ujar Kasatreskrim Polres Malang, AKP Wahyu Hidayat.
Berdasarkan keterangan tersangka Suci, ada delapan orang yang menjadi korban penipuannya. Diantaranya adalah Ermania, teman SMA, Ana Yunita teman semasa SMP serta Febri Nur  Astutik, temannya di kampus. Semua korban rata-rata berasal dari Kalimantan.
Modusnya para korban dihubungi oleh tersangka, kemudian menawarkan beasiswa serta bisa membantu masuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Termasuk juga mengaku sebagai pihak kampus, yang bisa membantu memasukkan korban sesuai jurusan yang diminta.
Namun apa yang dijanjikan oleh tersangka, tidak bisa dibuktikan. Akhirnya Ana yang menjadi korban penipuan, lantas melaporkannya ke Polsek Dau. Berdasarkan laporan itulah, polisi langsung menangkapnya.
“Dari sekian korban tersebut, Ana Yunita yang mengalami kerugian paling besar, yaitu sekitar Rp 8 juta. Akibat perbuatannya tersebut, tersangka Suci kami jerat dengan pasal 378 KUHP, tentang penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan penjara,” tuturnya.(agp)