Dua Komplotan Perampasan Diringkus

PEMERAS :  Para pelaku pemerasan berhasil diamankan petugas Polsekta Blimbing.

MALANG – Kesigapan anggota Polsekta Blimbing dalam menangani perkara patut diacungi jempol. Terbukti, petugas mereka  berhasil menangkap pelaku pemerasan, dalam waktu beberapa jam setelah kasus tersebut dilaporkan oleh korbannya.
Kapolsekta Blimbing AKP Budi Setiyono menjelaskan keseluruhan ada delapan pelaku  berhasil diamankan. Yakni Jupri Junaidi alias Iwan Kentir, 34 tahun, warga Jalan Letjen Sutoyo Gg V, Kota Malang, M Arie Nur Cholis alias Kirun, 34 tahun, warga Jalan Hamid Rusdi Gg VI, Kelurahan Bunulrejo, Blimbing, Agus Supriyono, 28 tahun, warga Jalan Muharto Gg VB, Kelurahan Kotalama, Malang, Nasrul Firmansyah, 18 tahun, warga  Bangil, Kabupaten Pasuruan, Lintang P Bagas, 19 tahun, warga Letjen S Parman, dan Aditya ilham, 21 tahun, warga Jalan Diponegoro, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Diantara  mereka  tersebut, terdapat  dua pelaku masih  anak-anak sehingga  diserahkan ke Unit PPA Polres Malang Kota untuk penanganannya.
Budi menjelaskan, enam pelaku yang diamankan ini merupakan dua komplotan. Komplotan pertama adalah Jupri Junaidi alias Iwan Kentir, M Arie Nur Cholis alias Kirun,  dan Agus Supriyono. Ketiganya beraksi di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, Minggu (20/9) dinihari lalu. Ketiganya melakukan perampasan terhadap korbannya Anwar Sukimara, 17 tahun, Dusun Kunjoro Wesi, Desa Sekantong, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.
“Saat itu korban bersama teman-temannya pulang nonton konser, sampai di TKP dihadang oleh ketiga tersangka,’’ kata Budi menjelaskan kronologis kejadian. Tanpa basa-basi, Arie langsung menodongkan badik ke arah korban. dengan mengancam akan membunuh, Arie merampas ponsel milik korban dan teman-temannya.
Saat pelaku mengambil ponsel seluruh korban tidak ada yang melawan. Bahkan, mereka hanya diam begitu, pelaku juga mengambil uang yang hendak digunakan untuk naik angkutan. Anwar dkk baru berani pergi setelah pelaku kabur. Mereka langsung melapor ke Polsekta Blimbing.“Saat itu juga laporannya kami terima, dan anggota langsung melakukan penyelidikan. Tersangka yang masih di seputar TKP juga langsung kami amankan,’’ kata Budi, yang mengatakan dari tiga orang ini petugas mengamankan barang bukti satu badik, satu unit BlackBerry, Satu unit HP merek Cross, dan dua unit HP merek Nokia.
Sementara komplotan satunya adalah Nasrul Firmansyah, Lintang P Bagas, dan Aditya ilham. Ketiga melakukan perampasan di Jalan R Panji Suroso (depan Hotel Nugroho), dengan korbannya Masrus, 18 tahun, warga Jalan Manikrejo, Rejoso, Kabupaten Pasuruan.  (ira/nug)