Zainal Abidin Rakit Sendiri Senpi

MALANG – Tim penyidik Polsekta Kedungkandang akhirnya, menetapkan Zainal Abidin, 32 tahun, warga Jalan Gadang I B Kota Malang sebagai tersangka. Pria yang diamankan karena mengamuk dengan melakukan aksi koboi dengan menodongkan senjata api rakitannya ke arah warga Jalan Mergosono Gg I. Dia dikenakan pasal membawa senjata api UU Darurat nomor 12 tahun 1951.
 “Dari hasil pemeriksaan, dia Zainal Abidin mengaku jika senjata api rakitan tersebut adalah miliknya. Dia terancam 15 tahun penjara,’’ kata Kapolsekta Kedungkandang Kompol Putu Mataram kepada Malang Post kemarin.
Selama pemeriksaan, belum ditemukan adanya tindak pidana lain yang dilakukan tersangka. Tapi begitu, pihaknya tidak akan tinggal diam jika menemukan indikasi yang bersangkutan tersangkut pidana lain.
‘Kasus ini terus kami kembangkan. Sampai saat ini memang belum ditemukan kasus lainnya,’’ tambah pria dengan satu melati di pundak ini.
Yang menarik dikatakan Putu justru pengakuan tersangka. Yang semula Zainal mengaku jika senjata api rakitan tersebut dibeli dengan cara online, kepada petugas dia justru mengatakan merakit sendiri senjata tersebut. Dia juga sudah menyiapkan rakitan senjata lainnya. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya barang bukti bahan pembuat senjata api rakitan di rumahnya.
“Dulu tersangka sempat membeli senpi rakitan melalui online. Kemudian senjata rakitan tersebut dijual. Dia kemudian membuat sendiri senjata rakitan lainnya,’’ tambah Putu. Keahliuan Zainal merakit senjata diperolehnya secara otodidak. Dia sama sekali tidak berguru kepada siapapun untuk membuat senjata. Senjata api rakitan tersebut hanya untuk koleksi saja. . “Katanya dia suka mendengar suara ledakan seperti petasan. Makanya dia membuat senjata api,’’ tandas Putu yang mengatakan selain satu senjata api rakitan, pihaknya juga mengamankan barang bukti besi bahan untuk membuat senjata api rakitan serta ratusan amunisi kecil.
Seperti yang diberitakan koran ini sebelumnya, Zainal Abidin, 32 tahun, warga Jalan Gadang I B, Senin (21/9) siang mengamuk. Dengan gaya koboi, dia menodongkan senjata api rakitan kepada warga Jalan Mergosono Gg I. (ira/aim)