Gadis MA Kabur Bersama Pacar

KABUR : Inilah foto Khusnul Khoiriyah dan Ikhan Idoy yang disebarkan pihak keluarga.

MALANG – Siswi Madrasah Aliyah (MA)  Hamid Rusydi, Malang, Khusnul Khoiriyah, 17 tahun dilaporkan hilang oleh orang tuanya ke Polres Malang Kota. Warga Jalan Mayjen Sungkono Gg VII ini dikabarkan hilang sejak Sabtu (19/6) lalu. Ada kabar, jika Khusnul kabur bersama Ikhwan Idoy, 17 tahun, teman satu kelasnya. Dugaan itu dikuatkan dengan tidak masuknya Ikhwan dan Khusnul sejak Senin lalu.
“Katanya pergi sama-sama, tapi saya tidak tahu benar atau tidaknya,’’ kata Mirza Kurniawan salah satu teman Khusnul.
Pemuda yang ditemui Malang Post di halaman MA Hamid Rusydi kemarin menceritakan, Khusnul maupun Ikhwan masih terlihat masuk sekolah Sabtu (19/6) lalu. Hingga pelajaran berakhir keduanya juga masih berada di kelas. Selama di sekolah keduanya tampak baik-baik saja, dan tidak terlihat ada masalah.
“Kita pulang jam 13.00, selanjutnya tidak tahu lagi,’’ tambahnya.
Mirza sendiri mengetahui jika Khusnul pergi dari rumah dan diduga bersama Ikhwan, Senin (21/9) lalu. Itu setelah. Marsum, 45 tahun, ayah Khusnul datang ke sekolah dan mencari anaknya yang saat ini duduk di kelas X tersebut. “Hanya itu saja yang kami tahu, yang pasti sejak Senin-Selasa  (21-22 September) dia tidak masuk. Selanjutnya, Rabu sampai besok (hari ini), kami libur,’’ tambah Mirza.
Senada Maratus Sholihah, sepupu Khusnul menceritakan jika Khusnul tidak pulang ke rumah sejak Sabtu. Selama ini dia mengenal Khusnul sebagai pribadi yang pendiam dan tidak pernah berulah.
“Biasanya kalau Sabtu jam 13.00 – 14.00 dia sudah sampai rumah. Tapi hari itu sampai sore hingga malam dia tidak pulang,’’ katanya.
Saat tidak pulang, Marsum ayah Khusnul diceritakan Maratus langsung mencari. Tidak hanya ke rumah teman-temannya, tapi juga ke rumah gurunya. Saat mencari itulah diketahui jika Khusnul pergi dengan Ikhwan. “Waktu itu ada yang melihat keduanya jalan berdua. Kemudian keduanya juga sama-sama tidak pulang,’’ katanya.
Tidak jelas apa yang membuat Khusnul kabur. Tapi yang jelas selama ini Marsum dan Ngatumi ibu Khusnul tidak pernah berhenti mencari. Bahkan sang kakak Nurul juga menyebarkan foto sang adik melalui Broadcast BBM. Dalam broadcast tersebut, Nurul menuliskan jika ada warga yang melihat kedua orang yang ada difoto tersebut untuk segera mengubungi kantor polisi terdekat atau menelpon ke nomor 083835196877. “Keluarga hanya khawatir terjadi apa-apa dengan Khusnul,’’ tambahnya.
Maratus mengatakan jika sampai dengan saat ini ponsel Khusnul masih aktif. Hanya saja, jika yang menelepon keluarganya, gadis ini tidak mengangkat. Lain halnya jika yang menelepon adalah teman-temannya, Khusnul akan menerima.
Sementara itu, saat Malang Post mendatangi rumah Khusnul, kondisinya sangat sepi. Menurut warga, Marsum dan Ngatumi kedua orang tua Khusnul pergi ke Surabaya sejak pagi. “Katanya tadi ke Surabaya menjemput Khusnul. Tapi tidak tahu lagi,’’ kata salah satu warga.
Kondisi yang sama juga terlihat di MA Hamid Rusydi. Di sekolah ini juga tampak sepi. Karena sejak Rabu (23/9) lalu,  sekolah ini telah diliburkan.
Kasubag Humas Polres Malang Kota AKP Nunung Anggraeni saat dikonfirmasi membenarkan adanya laporan anak hilang, atas nama Khusnul. Saat ini, laporan tersebut sedang diselidiki. “Perkaranya ditangani anggota reskrim, dan saat ini masih dilakukan penyelidikan, dengan meminta keterangan para saksi,’’ kata Nunung.(ira/ary)