Kerugian Kebakaran Rp 100 Juta

MALANG – Rumah milik Rahmat, 43 tahun di Dusun Bandarangin, Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak ludes dilahap api, Minggu (4/10) dini hari kemarin. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik yang terjadi di ruang depan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugiannya sekitar Rp 100 juta.
"Dugaan sementara kebakaran tersebut karena korsleting listrik. Kerugiannya memang cukup besar  karena seluruh perabot dan barang berharga ludes terbakar," ujar Kapolsek Pagak, AKP Farid Fathoni.
Diperoleh keterangan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 00.00 WIB. Saat kejadian, korban sedang terlelap tidur di ruang tengah depan televisi. Sedangkan istri dan anak-anaknya tidur pulas di dalam kamar.
Saat api membesar, korban terbangun karena merasakan suhu udara yang panas. Saat melihat ruang tamu, ternyata api sudah membesar dan membakar seluruh ruang tamu. Melihat api berkobar, Rahmat lalu membangunkan istri dan anak-anaknya.
Mereka bergegas keluar rumah lewat pintu belakang. Selanjutnya meminta pertolongan warga sekitar. Kemudian dibantu warga sekitar memadamkan api dengan air seadanya. Namun api tidak kunjung padam, malah semakin membesar hingga menghabiskan  seluruh bangunan rumah.
Mobil pemadam kebakaran baru datang sekitar satu jam kemudian. Namun api sudah membesar dan menghanguskan seluruh bangunan dan isinya. Begitu api padam, sama sekali tidak ada barang berharga yang selamat.
Selain satu unit sepeda motor, ada barang berharga lainnya yang ikut terbakar. Yaitu sepeda pancal, tiga buah BPKB truk, sepeda motor dan mobil Carry. Termasuk beberapa berharga lainnya seperti sertifikat tanah, ijazah perhiasan emas serta uang tunai sekitar Rp 2 juta.(agp/van)