Terbelit Utang, Sikat Motor Karyawan Alfamart

Tersangka Sudarmaji

MALANG - Terbelit utang, membuat Sudarmaji, nekat melakukan apa saja. Pria kelahiran 16 Juni 1981 ini, mencuri sepeda motor Honda AG 2454 IG milik karyawan Alfamart Intan Dewi Ningsih, 23 tahun warga Kecamatan Gondanglegi. Motor dicuri di halaman parkir Alfamart di Desa Pandanlandung, Wagir.
Warga Jalan Kademangan, Kelurahan Banjararum, Kecamatan Singosari ini harus meringkuk di balik rutan Mapolres Malang sejak kemarin. Bapak dua anak ini, ditangkap di rumahnya tanpa melakukan perlawanan.
"Tersangka kami tangkap di rumahnya, setelah kami mendapat petunjuk bahwa pelakunya Sudarmaji. Barang bukti yang kami amankan satu unit sepeda motor yang dicuri," ujar Kasatreskrim Polres Malang, AKP Adam Purbantoro.
Diperoleh keterangan, sebelumnya Sudarmaji merupakan karyawan Alfamart bagian marketing. Sekitar sebulan lalu, dia keluar dari pekerjaan karena memiliki hutang sebesar Rp 26 juta. Untuk membayar hutangnya, Sudarmaji awalnya menjadikan motor miliknya sebagai jaminan.
Namun setelah beberapa hari, motornya diambil untuk digadaikan sebesar Rp 6 juta. Uang gadai itu, lalu digunakan untuk menyicil utangnya, sehingga sisa Rp 20 juta. Tetapi pihak Alfamart kembali minta jaminan motor.
Akhirnya Sudarmaji meminjam motor milik temannya yaitu KSN, warga Saptorenggo, Pakis. Selanjutnya motor itu diberikan ke Alfamart sebagai jaminan. KSN yang tau motornya menjadi jaminan, lantas marah-marah dan meminta untuk dicarikan motor karena digunakan untuk bekerja.
Lantaran didesak, Sudarmaji lalu meminjam motor milik temannya yang lain untuk dipinjamkan kepada KSN. Tetapi motor itu kembali diminta lagi, sehingga KSN kembali minta ganti motor. Karena bingung, akhirnya muncul niatan Sudarmaji untuk mencuri.
Ia datang ke Alfamart Desa Pandanlandung Wagir, untuk sekadar bermain karena kenal dengan seluruh karyawan. Selanjutnya ketika korban lengah, ia mengambil kunci motor di dalam laci kasir. Kemudian dengan kunci asli, tersangka Sudarmaji membawa kabur motor korban untuk dipinjamkan kepada KSN.
Terungkapnya pencurian ini, berawal dari laporan korban ke polisi. Selanjutnya polisi melakukan penyelidikan dan diketahui motor dipakai oleh KSN. Akhirnya polisi langsung mengamankan KSN. Setelah diinterogasi akhirnya diperoleh nama Sudarmaji.
"Untuk KSN, statusnya hanya kami jadikan sebagai saksi saja. Ia juga menjadi korban penipuan dari tersangka Sudarmaji," tutur Adam Purbantoro.(agp/aim)