Dua Hari Langsung Tertangkap

Pelaku Perampokan
MALANG - Tak butuh lama bagi petugas Polsek Gedangan, untuk mengungkap pelaku perampokan yang terjadi di rumah Samini, 75 tahun, warga Dusun Kedungrampal, Desa Sidodadi, Gedangan. Hanya selang dua hari setelah kejadian Minggu (11/10) lalu, polisi berhasil menangkap pelakunya.
Tersangkanya Farid Husaini, tetangganya sendiri. Ia ditangkap petugas di rumahnya. Barang bukti yang diamankan dari tangannya adalah sebuah HP Evercross yang didapat dari hasil penjualan kalung emas milik korban.
"Tersangka kami tangkap di rumahnya pada tengah malam, setelah kami mendapat informasi kepulangannya. Pasalnya setelah kejadian perampokan itu, tersangka langsung pergi," ujar Kapolsek Gedangan, AKP Edi Sunyata.
Menurutnya, aksi perampokan yang dilakukan Farid terjadi Minggu (11/10) lalu sekitar pukul 08.00. Saat kejadian, korban sedang mandi. Di rumahnya kosong, tidak ada satupun anggota keluarga.
Memanfaatkan situasi rumah yang kosong itu, tersangka yang dari awal sudah merencanakan perampokan, diam-diam menyelinap masuk. Selanjutnya, ia masuk ke dalam kamar mandi, lalu mendekap korban dari belakang. Kedua mata korban ditutup dengan tangan.
Setelah itu, tersangka langsung mendorong tubuh korban dan membenturkan kepalanya ke bak mandi hingga luka dan berdarah. Kemudian, tersangka mengambil kalung emas seberat 10 gram yang dipakai, baru selanjutnya kabur.
Kalung hasil rampasannya tersebut, oleh tersangka langsung dijual. Sementara korban yang sadar menjadi sasaran perampokan, meminta tolong warga dan melaporkannya ke petugas Polsek Gedangan.
Berdasarkan laporan korban tersebut, polisi kemudian melakukan penyelidikan dengan memeriksa keterangan saksi-saksi. Hasil keterangan saksi, lalu mengerucut kepada tersangka hingga petugas mencari keberadaannya dan berhasil menangkapnya.
"Kami masih mengembangkan kasusnya. Apakah ada pelaku lain yang membantu melakukan perampokan. Sekaligus apakah ada tindak kejahatan lain, selain perampokan di rumah Samini tersebut," terang Edi Sunyata.(agp/han)