Pabrik Box Speaker Terbakar,Kerugian Rp 50 Juta

MALANG - Pabrik box  speaker  di Jalan Bandulan Gg 8, RT09 RW 01, Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun, Selasa (20/10) malam lalu terbakar. Api menghabiskan seluruh isi dan bangunan pabrik milik Hartono Lesmono, 50 tahun warga setempat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pukul 20.00 tersebut. Namun begitu, peristiwa ini tetap menjadi atensi petugas. Terbukti, Kapolsekta Sukun Kompol Sutantyo langsung turun ke TKP.
"Sementara ini masih dalam penyelidikan. Memang ada informasi jika kebakaran tersebut terjadi akibat putung rokok yang dibuang di limbah gergaji. Tapi untuk kebenaran informasi tersebut masih diselidiki," kata petugas kepada Malang Post.
Ditambahkan, kebakaran itu sendiri kali pertama diketahui oleh Heri, salah satu warga. Malam itu Heri yang sedang berjalan kaki melihat kepulan asap dari atas pabrik. Sontak Heri curiga dan memberitahu warga. Tapi begitu karena kondisi pabrik tertutup dan tidak ada penjaga,  warga pun hanya bisa melihat api membakar pabrik.
Hingga akhirnya dengan diketahui ketua RT setempat warga pun bisa masuk area pabrik, untuk kemudian langsung melakukan pemadaman. "Saat itu kami juga melapor ke Polsekta Sukun dan PMK," kata Agus.
Tidak lama berselang anggota Polsekta Sukun dan Polres Malang Kota datang ke TKP dan disusul dengan enam unit mobil PMK.Melihat api yang masih membumbung petugas PMK pun langsung sigab untuk melakukan pemadaman. Upaya petugas PMK ini membuahkan hasil. Terbukti setelah 45 menit, api betul-betul bisa dipadamkan.
Semenyata itu Hartono saat diberitahu jika pabriknya terbakar mengaku sangat kaget. Dia pun hanya bisa menatap saat lokasi pabriknya telah rata dengan tanah."Kalau dihitung semua, kerugiannya mencapai Rp 50 juta," kata Hartono.
Dia juga mengatakan jika kesehariannya pabrik ini beroperasional. Ada beberapa pekerja di pabrik tersebut. Tapi begitu, Hartono juga mengaku jika pabrik ini kalau malam ini tak ada penjaganya. "Ya ditutup saja, tapi tidak ada penjaganya," tandas Hartono.(ira/nug)