Dibekuk,Jaringan Besar Pengedar Narkoba

MALANG - Kota Malang menjadi surga para pengedar narkoba jenis sabu-sabu. Itu terbukti dengan tertangkapnya Muhammad Umar, 38 tahun, warga Jalan Kelapa, Kecamatan Waru, Sidoarjo. Pria yang ditangkap oleh anggota Satreskoba Polres Malang Kota di Jalan Raden Intan ini membawa 200 gram sabu-sabu senilai Rp 250 juta  yang akan diedarkan di Kota Malang.
"Tersangka ditangkap saat menunggu temannya di Jalan Raden Intan pada  Rabu (7/10) sore lalu," kata Kasubag Humas Polres Malang Kota AKP Nunung Anggraeni kemarin.Ditambahkan, Umar merupakan salah satu jaringan besar narkoba. "Saat ini masih diselidiki  untuk pemasoknya. Yang jelas dari barang bukti yang diamankan, yaitu 200 gram sabu-sabu, tiga unit HP dan  dan satu timbangan digital, dia masuk salah satu jaringan besar,"  paparnya.
Lebih lanjut dipaparkan bahwa  nama Umar  sendiri sudah cukup sering diucapkan oleh tersangka lain yang lebih dulu diamankan.
Penangkapan terhadap Umar sendiri oleh Satreskoba Polres Malang Kota berawal dari informasi masyarakat. Awalnya, petugas mendapat informasi jika di Jalan Raden Intan akan ada transaksi narkoba yang melibatkan jaringan besar.
Informasi tersebut langsung ditindak lanjuti petugas dengan mendatangi TKP. Tidak lama kemudian tersangka datang, selanjutnya ditangkap petugas.
"Saat digeledah ditemukan barang bukti lima klip SS  seberat 100 gram, tiga unit HP  yang didalamnya berisi tentang transaksi narkoba," kata Nunung.
Tidak puas begitu saja, saat menemukan bukti sabu-sabu, petugas langsung melakukan pengembangan dengan melakukan penggeledahan di rumah tersangka di Jalan Kelapa, Kecamatan Waru, Sidoarjo. Hasilnya juga ditemukan satu plastik berisi SS seberat 100 gram. "Total yang diamankan adalah 200 gram," tambah Nunung.
Sementara itu, kepada petugas Umar sama sekali tidak mengelak. Hanya saja dia mengatakan hanya mengantar barang. "Saya hanya bertugas mengantar saja. Setiap mengantar diberi uang Rp 250 ribu," katanya yang mengaku pekerjaan menjadi kurir SS sudah dilakukan sejak dua bulan lalu, dan dirinya sudah mengantarkan barang di lima tempat, diantaranya, Surabaya, Sidoarjo dan Malang. (ira/nug)