Pecah Kaca Modus Pelaku Lama

MALANG – Maraknya kasus pencurian dengan modus pecah kaca mobil mendapat perhatian serius anggota unit Tekab Polres Malang Kota. Tidak sekadar mendatangi TKP, petugas juga melakukan penyelidikan kasus dengan melakukan pendataan nama pelaku-pelaku lama yang pernah ditangkap petugas dalam kasus yang sama.
Hal ini kemarin dikatakan oleh Kasat Reskrim Polres Malang Kota AKP Harianto Rantesalu. Kepada Malang Post, perwira dengan tiga balok di pundak ini meyakini pelaku yang beraksi saat ini dinakodai oleh pelaku lama.
“Kita masih mendata. Memang kemungkinan besarnya adalah pelaku lama. Tapi itu masih kita selidiki,’’ katanya.
Namun begitu, Harianto menjelaskan meskipun nakodanya adalah orang lama, tapi modus yang dilakukan pelaku cukup baru. Aksi pecah kaca mobil tidak menggunakan batu atau kepalan tangan saja. Tapi pelaku memecahkan kaca mobil menggunakan busi. “Modusnya baru menggunakan busi untuk memecahkan kaca mobilnya. Itu diketahui dengan di beberapa mobil yang kacanya dipecahkan pelaku  ditemukan busi,’’ kata mantan Kasatreskrim Polsek Jombang ini.
Dalam kasus ini, anggota reskrim Polres Malang Kota juga bekerjasama dengan tim dari Polda Jatim. Karena selain, pelaku lama, kemungkinan  besar pelaku pencurian ini adalah pelaku lintas kota.
“Maaf, kami masih belum bisa banyak berkomentar dulu, terkait dengan kasus ini. Tapi yang jelas saat ini semua anggota masih bekerja. Doakan saja, pelakunya dapat cepat terungkap,’’ katanya.
Harianto pun menegaskan pihaknya tidak segan-segan memberikan tindakan tegas kepada pelaku. Tentu saja, tindakan tegas tersebut jika pelakunya melakukan perlawanan saat ditangkap.
Seperti yang diberitakan koran ini sebelumnya. Tidak sampai 24 jam pelaku pencurian dengan modus pecah kaca mobil beraksi di dua TKP di wilayah hukum Polres Malang Kota. Pertama yakni Kamis (22/10) malam lalu, pencurian dengan modus pecah kaca mobil juga terjadi di Jalan Simpang Borobudur, Kecamatan Mojolangu, Kota Malang. Pelaku berhasil membawa kabur tas berisi kalung seberat 6 gram, milik Fireka Imsa Sastia Juni Antika, 25 tahun, warga Jalan Gadang Gg 4, Kota Malang, saat mobil Honda Jazz N 1028 BD yang dikendarai korban berjalan di Jalan Borobudur.
Jumat (23/10) siang lalu pelaku juga beraksi di Jalan Terusan Cikampek siang kemarin. Pelaku yang diduga berjumlah lebih dari dua orang berhasil membawa kabur tas berisi Laptop, HP dan Dompet milik Sifty Rizky Puspitasari, 21 tahun, warga Jalan Batu Bara, Kota Malang, setelah memecahkan kaca tengah kanan mobil Suzuki Karimun nopol N 467 CM yang diparkir korban di TKP.(ira/aim)