Hilang, Sepeda Motor Kasun Dijual Rp 2 Juta

WONOSARI - Gunamin, 32 tahun, warga Desa Plaosan Kecamatan Singosari, sejak awal pekan kemairn, harus mendekam di balik jeruji tahanan Mapolsek Wonosari. Tersangka ini terlibat kasus penadahan barang curian sepeda motor milik korban bernama Marsudi, 46 tahun, kepala Dusun (Kasun) Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari.
“Tersangka ini, kami jerat dengan pasal 480 KUHP tentang penadah barang hasil kejahatan dengan ancaman empat tahun kurungan penjara,” ujar Kapolsek Wonosari, AKP Triwik kepada Malang Post.
Dijelaskannya, korban mengetahui tersangka membawa sepeda motornya yang hilang di sawah Minggu (25/10) lalu. Saat itu, korban mendapati tersangka membawa sepeda motornya di daerah Pesarean Wonosari. Setelah diselidiki, korban mengetahui identitasnya. Korban melaporkannya ke Polsek Wonosari. “Saat kami tangkap, tersangka mencoba melarikan diri. Namun, berhasil kami tangkap,” kata mantan Kanit Laka Polsek Lawang ini.
Sementara, polisi masih memburu inisial AF yang telah menjual sepeda motor kepada Gunamin yang juga sekaligus pelaku pencurian sepeda motor Honda GL PRO N 2032 IY ini. “Untuk tersangkan pencurian, sudah kami ketahui identitsanya. Saat ini, tengah kami buru,” kata Perwira Pertama (Pama) dengan tiga balok di pundkanya.
Dari pengakuan tersangka, dia mendapatkan sepeda motor tersebut dari temannya. “Saya beli dari teman saya seharga Rp 2 juta. Rencananya setelah dibayar STNK sepeda motor akan diberikan,” ujar tersangka di hadapan penyidik yang memeriksanya.
 Lanjut dia, sampai dua minggu ditunggu, STNK tersebut tidak diberikan. Saat dihampiri di rumah temannya itu, yang bersangkutan tidak ada. “Saya membeli sepeda motor ini karena murah. Waktu membeli sepeda motor ini, katanya STNKnya ada. Saya tidak tahu kalau ini sepeda motor curian,” kilah tersangka. Disinggung ketika lari saat hendak ditangkap, dia mengaku takut terkena razia oleh kepolisian, karena tidak mempunyai STNK tersebut dan juga tidak membawa SIM. “Ya namanya apes, mau gimana lagi,” keluh tersangka. (big/aim)