Pelaku dihajar masa

MALANG – Aksi main hakim sendiri, Selasa (27/10) malam lalu terjadi di Jalan Ngantang RT01 RW06, Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Dengan emosi, warga menghajar  AM, 17 tahun, warga Jalan Patimura, Desa Kedaton Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. AM dihajar massa, setelah kepergok mencuri motor Honda Beat warna putih nopol                    N 3952 AAP, milik Diyah Laili, 41 tahun, warga setempat. Beruntung saat itu, anggota Polsekta Klojen dan Polres Malang Kota cepat datang ke TKP, sehingga AM dan barang bukti motor hasil curiannya pun cepat diamankan.
“Karena tersangkanya masih dibawah umur, perkaranya pun kami limpahkan ke unit PPA Polres Malang Kota,’’ terangka Kapolsekta Klojen Kompol Teguh Priyo Waseso, kepada Malang Post kemarin.
Sementara itu, pencurian motor ini sendiri terjadi sekitar pukul 19.30. Malam Dyah memarkir motornya di teras rumah. Hal ini sering dilakukan Diyah, bahkan hampir setiap hari, dan selama ini tidak pernah terjadi apapun. Bahkan, malam itu juga sempat keluar rumah untuk berbelanja.
Sekitar 30 menit, saat kembali Diyah kaget, karen dari kejauhan dia melihat ada orang sedang mengotak atik motornya. Diyah pun curiga, karena tidak lama pelaku menuntun motornya, untuk dibawa keluar.
Tanpa pikir panjang Diyah langsung bertanya kepada pelaku, hendak membawa kemana motor tersebut. Pertanyaan Diyah membuat AM kaget. Tapi begitu, dia tidak bisa beralasan, dan mengatakan jika dirinya mencuri motor tersebut.
Mendengar jawaban ini, Diyah sontak berteriak maling. Responnya warga berdatangan, dan seketika itu memukuli AM. Sekalipun AM sempat berteriak minta ampun, namun tidak satupun warga yang simpati. Terbukti, warga terus melakukan pemukulan. Bahkan beberapa diantaranya juga sempat melontarkan agar tersangka ini dibakar. Beruntung, niat tersebut urung dilakukan. Itu karena petugas Polsekta Klojen cepat datang.
“Pencurian motor itu dilakukan tiga orang. Yang kami amankan tadi malam (Selasa) adalah pemetiknya. Sedangkan  dua tersangka lainnya kabur dan saat ini masih dalam pengejaran,’’ tandas Teguh.
Penangkapan terhadap pelaku pencurian motor yang masih dibawah umur dibenarkan oleh Kapolres Malang Kota AKBP Singgamata. Saat ini perkaranya masih ditangani serius oleh unit PPA Polres Malang Kota. “Masih dilakukan pengejaran. Sabar dulu ya, nanti kalau sudah ditangkap pasti dirilis,’’ tandas Kapolres.(ira)