Dominasi Pelanggaran, 2340 Sepeda Motor Ditilang

Anggota Polres Malang Kota saat menggelar Operasi Zebra Semeru 2015 selama dua pekan.

MALANG – Kendaraan roda dua masih mendominasi jumlah pelanggaran lalu lintas. Itu terlihat dari hasil Operasi Zebra Semeru 2015 yang digelar Polres Malang Kota. Selama dua minggu sejak 22 Oktober – 4 November 2015, polisi menindak 2340 pengendara kendaraan roda dua.
Pelanggaran yang terjaring beragam, mulai dari melanggar rambu-rambu, tidak menggunakan helm saat berkendara, tidak memiliki SIM saat mengendarai kendaraan, hingga surat-surat yang tidak lengkap dan perlengkapan kendaraan yang tidak standart.
Kasatlantas Polres Malang Kota AKP David Triyo Prasojo mengatakan, pihaknya tidak memberikan toleransi terkait dengan pelanggaran yang terjadi. Sanksi tegas berupa tilang langsung diterapkan, petugas saat mengetahui ada pelanggaran.
“Operasi Zebra ini digelar dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Berlalulintas (Kamseltibcarlantas). Harapannya, dengan operasi zebra ini, kesadaran masyarakat tentang keselamatan berlalulintas semakin tinggi,’’ kata David.
Selain 2340 kendaraan roda dua, Operasi Zebra 2015 yang digelar juga berhasil menindak 149  kendaraan roda 4 (mobil). Seperti roda dua, pelanggaran roda empat paling banyak adalah karena melanggar rambu-rambu, dan kelengkapan surat-surat.
“Total hasil operasi zebra adalah 2404, terdiri 2340 roda dua dan 149 roda empat,’’ katanya.
David juga menjelaskan, jika jumlah pelanggaran tersebut menurun dibandingkan dengan tahun 2014. Sambil melihat data, David mengatakan tahun 2014 total jumlah pelanggaran kendaraan yang terjaring  operasi zebra 2628. Tapi begitu tidak semua pelanggaran yang terjaring diberi sanksi tegas. “Tahun 2014, kita menjaring 2628 pelanggaran. 2586  diberi sanksi tegas tilang sedangkan 42 sisanya diberi sanksi teguran. Tapi tahun ini semua pelanggaran disanksi tilang,’’ urainya.
Sementara untuk angka kecelakaan, selama operasi zebra 2015 digelar terjadi peristiwa kecelakaan 10 kali. Tapi dari seluruh kecelakaan yang terjadi tidak ada korban meninggal dunia. Yang ada korban mengalami luka ringan 12 orang. Ini berbeda dengan tahun 2014 lalu, jumlah peristiwa kecelakaan tujuh, an korban meninggal 3 orang.
“Jika dibandingkan 14 hari sebelum operasi zebra, pelanggaran atau sanksi tilang mencapai 1211 pelanggar, dan jumlah kecelakaan 18 kejadian,’’ tandasnya.(ira/aim)