Langsung Direspons Polisi

MALANG POST - Kasus pengeroyokan ini langsung direspon oleh anggota Polsekta Sukun dan Polres Malang Kota. Bahkan, kemarin Kapolres Malang Kota sendiri yang turun ke lokasi kejadian, untuk memimpin penyelidikan.
Berbagai informasi dikumpulkan. Termasuk rekaman CCTV dari pertokoan Alfamart juga diminta petugas sebagai barang bukti.
Kerja keras petugas di TKP membuahkan hasil. Terbukti selang tiga jam petugas berhasil mendapatkan informasi salah satu mobil pelaku yakni Kijang Innova L 1706 RS parkir di Jalan Gadang Gg VI. Awalnya petugas tidak bisa berbuat banyak, selain membatasi mobil dengan garis polisi. Itu karena seluruh pintu mobil terkunci.
Tidak kurang akal petugas kemudian memanggil tukang kunci. Saat kondisi mobil terbuka inilah dapat dipastikan mobil tersebut adalah yang digunakan pelaku mendatangi korban. Itu karena terdapat bercak darah.
Informasi dikumpulkan di tempat mobil Kijang Innova tersebut ditemukan. Hasilnya, salah satu nama warga yaitu H Robi alias H Umar Faroq disebut sebagai dalang dari pengeroyokan ini. Bahkan, malam hari sebelum pengeroyokan sadis dilakukan, para pelaku ini melakukan rapat di rumah H Robi.  Informasi tersebut langsung ditindak lanjuti petugas, dengan mendatangi rumah H Robi.
Disaksikan warga, petugas terpaksa mendobrak pintu rumah H Robi. Itu karena beberapa kali diketuk tidak terdengar jawaban dari dalam.
Di dalam rumah tidak ditemukan H Robi. Yang ada hanya istrinya yaitu Hj Fatimatus Zahro dan adiknya. Namun begitu, Zahro sendiri mengaku tidak tahu menahu keberadaan H Robi. Dia hanya mengatakan jika H Robi pergi sejak pagi.
“Saya tidak tahu, tadi jam 10.00 dia pamit pergi kondangan,’’ katanya.
Zahro juga mengaku tidak tahu menahu akan permasalahan yang menjerat suaminya. Hanya saja, wanita ini mengakui jika mobil Toyota Kijang Innova tersebut milik kakaknya.
“Iya itu mobil kakak saya yang datang dari Madura,’’ katanya. Tapi begitu, Zahro kemudian mengatakan tidak tahu saat ditanya wartawan.
Pencarian H Robi tidak berhenti di Jalan Gadang Gg VI. Petugas juga langsung memburu Robi dan para pelaku lainnya di wilayah Janti. Itu karena ada informasi, Robi dan para pelaku berada di sana.
Dugaan kuat pelaku berada di area Janti pun semakin kuat dengan ditemukannya mobil Honda CRV. Posisi mobil berada di dalam gang dan terlihat disembunyikan. Penyelidikan pun dilakukan. Dan petugas pun mengamankan lima orang yang diduga pelaku pengeroyokan.
Mereka diamankan petugas di rumah yang kondisinya belum jadi. Saat itu lima warga ini mengelak dikatakan sebagai pelaku pengeroyokan. Dengan alasan baru datang dari Madura, dan ke Malang untuk membantu saudaranya membangun rumah. Tapi begitu, alasan tersebut tidak diterima petugas. Kelimanya tetap dibawa.(red/mp)